Mengenal Alat Pemadam Api Ringan (APAR)


Masih segar dalam ingatan kita kebakaran yang terjadi di redboxx Surabaya. Kebakaran tentunya dapat terjadi dimana saja dengan adanya pemicu yaitu api. Beberapa hari yang lalu saya mendapat materi kuliah safety control engineering. Pada mata kuliah ini dibahas tentang prosedur pemadaman api dengan menggunakan APAR. Tentunya anda bingung apa itu APAR, berikut saya jelaskan secara sederhana.

APAR

APAR

APAR atau alat pemadam api ringan yaitu peralatan portabel yang dapat dibawa dan dioperasikan dengan tangan, berisi bahan pemadam bertekanann yang dapat disemprotkan dengan tujuan memadamkan api. Jika anda masih bingung alat ini sering berada di berbagai kantor, laboratorium dan pusat perbelanjaan. Alat ini berbentuk tabung berwarna merah dengan selang di atasnya, coba anda ingat-ingat apakah pernah melihatnya…….. Berikut saya beri tips cara menggunakan APAR yang baik jika terjadi kebakaran.

1 . Pecahkan kaca pelindung APAR
Biasanya APAR disimpan menggantung pada dinding dengan kotak kaca pelindung. Dalam keadaan darurat anda diperbolehkan memecahkan kotak kaca pelidungnya. Pecahkan dengan bantuan benda keras seperti kayu atau batu , jika tidak ada pukulah dengan tangan terkuat anda. Tentunya akan sakit dan menyebabkan cedera , untuk meminimalisirnya bungkuslah tangan anda dengan benda yang dapat menhan benturan contohnya busa jika tidak ada coba dengan lap atau jaket. Setelah itu baru pukul kaca pelindung dengan tangan yang udah dibungkus

2 . Periksa tekanan gas
Angkat APAR lalu periksa tekanan gas dengan melihat indikator tekanan pada leher APAr jika jarum masih menunjuk pada area berwarna hijau berarti tekanan APAR masih bagus. Tekanan gas berfungsi untuk memancarkan cairan pemadam pada APAR

3 . Kocok APAR
Sebelum menggunakannya kocok dahulu APAR beberapa kali, hal ini berguna untuk menaikkan tekanan dan lebih mengencerkan cairan pemadam pada APAR. Tentu anda pernah mengocok kaleng berisi soda ketika dibuka pasti akan memancarkan isinya, fenomena ini pun sama seperti yang terjadi jika APAR dikocok.

4 . Semprotkan pada api dengan berada pada jarak aman
Peganglah APAR dan katup pemancar dengan satu tangan terkuat sedangkan satu tangan yang lain memegang selang pemancar. Tekan katup pemancar maka cairan pemadam pada APAR akan keluar melalui selang. Semprotkan pada sumber api , berhati-hatilah karena cairan yang keluar bertekanan tinggi dan bersuhu sangat dingin. Untuk menghindari efek dari 2 hal tersebut semprotkan pada jarak aman yaitu kurang lebih sejauh 1 meter dari sumber api.

Mekanisme APAR

Mekanisme APAR

Tips diatas adalah cara menggunakan APAR yang baik secara umum , agar lebih jelas bacalah petunjuk penggunaan yang biasanya terdapat pada badan APAR. Hal yang perlu diingat adalah janganlah terlalu panik dan bersikaplah tenang. (Mbe)

About these ads

About Rimba Anggara Rusli

Sleepy man * Teacher * Fotografer * Engineer

Posted on Agustus 17, 2010, in Engineering & Mechanic. Bookmark the permalink. 19 Komentar.

  1. mas terus terang bagus banget artikelnya begitu terperinci, saya jadi salute.

  2. Saya belum begitu menguasai atau faham tentang apar,..kalau bisa saya dikasih penjelasan tentang jenis2 apar dan bahan2 yang dugunakanya.Terimakasih.

  3. Kebetulan saya juga lagi blogging tentang alat pemadam api dan fire extinguisher. Bisa diklik di link di nama yang saya tinggalkan.

    Artikel ini sedikit banyak telah membantu saya mendapatkan informasi lebih jelas seputar produk pemadam ini. Trims. :)

  4. TERIMAKSIH ,ARTIKEL INI SANGAT MEMBANTU DALAM tugas saya mengerjakan simulasi appar d area lingkungan kerja….+++++++terus artikelnya

  5. DImas A. W. M.

    Sedikit tambahan.
    Pada saat akan melakukan penyemprotan perhatikan arah angin. Kita harus membelakangi arah angin pada saat melakukan penyemprotan karena jika berhadapan dengan arah angin maka serbuk yang keluar dari APAR dapat masuk ke dalam mata kita.

    Kemudian pada saat menyemprot ujung selang/ hose yang kita pegang harus kita kibas-kibaskan serta arahkan ke sumber api.

    Semoga bermanfaat

  6. kl jarumnya berada di angka 0 artinya apa? atau jarum tidak berada di area berwarna hijau, artinya apa?

  7. bahan kimia didalam nya ada apa aja

  8. RIUZ RANTO NAZARA

    apakah bhan terpenting yang terkandung di dalam APAR

  9. APAKAH ADA REFIL APAR???

  10. Apar bisa di Refill sesuai dengan media / isinya, seperti Powder, CO2, Foam, Clean Agent (Non Halon).
    Untuk type Cartridge kita bisa membuka dan menggantinya sendiri asalkan kita punya stok powder & cartridge Apar (ex : Yamato), sedangkan untuk type Pressure kita harus membawa ke Supplier/Distributor penyedia Alat Pemadam dan Keselamatan.

  11. terima kasih telah mambantu

  12. kalau masalah apar hub.ke 03183691118 saya akan bantu,kebetula saya disupplair alat pemadam

  13. jika terjadi kebocoran/retak2 pada selang (hose) APAR, apakah dampaknya ? Tq

  14. Sangat bagus dan simple dan menjadi inspirasi saya dalam menulis dengan sesimple mungkin sehingga mudah dimengerti dan juga mudah dalam navigasi. kunjungi blog saya di Alat Pemadam Api

    terima kasih admin atas kerja yang sangat bagus.
    saya berdiskusi dengan adik saya dan pendapatnya mudah, dan itulah yang mnjadikan kemenangan anda.

  1. Ping-balik: Jenis dan cara penggunaan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) | Airyz

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: