Mengenal Kamera DSLR

15 10 2010

Pada posting sebelumnya saya lebih membahas tentang pilihan kamera dslr bagi photografer pemula. Banyak tanggapan yang cukup positif, terima kasih banyak. Kali ini saya akan membahas secara sederhana pengertian dan bagian-bagian yang terdapat kamera dslr. Kamera Dslr itu adalah digital single lens reflex, maksudnya ialah sebuah kamera dengan sistem digital (menggunakan prosessor, chip, memory, dan kecanggihan teknologi dalam menangkap gambar) yang memakai satu buah lensa yang terpasang di body kamera tersebut. Reflex mirror didalam kamera akan naik ke atas disaat kamu menekan tombol shutter dan di saat itu sensor gambar di dalam kamera akan merekam suatu gambar. Boleh juga dikatakan kamera dengan system operasi seperti komputer.Berikut adalah bagian-bagian dari kamera DSLR.

canon-dslr-camera

canon-dslr-camera

1 . Eyepiece (dudukan mata) = dudukan untuk mata kita disaat melihat ke viewfinder.

2 . Viewfinder (jendela bidik) = viewfinder menggunakan metode pentaprisma (bentuk segilima) yang ditempatkan di atas jalur optikal melalui lensa ke lempengan sensor image. cahaya yang masuk kemudian dipantulkan ke atas oleh mirror (kaca cermin pantul) dan mengenai pentaprisma. pentaprisma kemudian memantulkan cahaya beberapa kali hingga mengenai viewfinder (jendela bidik). Ketika tombol shutter dilepaskan, kaca membuka jalan bagi cahaya sehingga cahaya dapat langsung mengenai sensor image.

3 . Image sensor (sensor penangkapan gambar) = sebuah sensor yang digunakan untuk mengolah dan menangkap suatu gambar yang terdapat di dalam sebuah kamera. ukuran sensor ada bermacam-macam, yaitu APS-C berukuran 15x23mm, APS-H berukuran 19x29mm, dan FULL-FRAME 24x36mm (sama dengan besar ukuran film).

4 . Flash (cahaya seperti blits) = flash biasanya digunakan untuk menolong kita dalam mengambil foto dalam keadaan gelap.

5 . Hotshoe (dudukan eksternal flash) = sebuah dudukan untuk eksternal flash yang biasanya berada di tengah atas body kamera.

canon-dslr-camera2

canon-dslr-camera2

6 . Lens (lensa) = sebuah lensa yang tertanam di mount body kamera (lensa bisa dilepas dr body dan diganti) yang berfungsi untuk memokuskan cahaya hingga mampu ditangkap oleh image sensor. di bagian luar lensa biasanya terdapat tiga cincin, yaitu cincin panjang fokus (untuk lensa jenis variabel), cincin diafragma, dan cincin fokus. karakter lensa itu ada 5, wide (melebar), macro (memperbesar),tele (zoom), tilt & shift dan fish eye. dan jenis lensa ada 2 fix (tidak bisa dirubah seperti, 50mm) dan zoom (ada rangenya seperti, 17-85mm). lensa juga mempunya fitur is (image stabilizer) untuk meredam getaran dari tangan dan usm (ultrasonic motor) untuk mempercepat dan sunyi dalam pencarian focusing. *is usm kode di jenis kamera dlsr canon. fitur tersebut di lensa kamera dslr lainnya juga ada, tapi kode nama yang lain tetapi dengan fungsi yang sama.

7 . Lenshood = sebuah tambahan pada lensa untuk mengurangi cahaya yang berlebih, dampak flare dan pelindung bagian depan permukaan lensa, dan juga sebagai penambah tampilan lensa agar terlihat lebih sangar. *ingat : pemakaian hood yang tidak sesuai dengan seri lensanya akan menimbulkan vignetting (vignetting = flek hitam pada sisi-sisi ujung hasil gambar).

8 . LCD monitor (layar LCD) = untuk melihat hasil gambar dan memantau mode yang kita pakai untuk mengambil gambar.

Lensa

Lensa

9 . Titik focus = jika kamu melihat ke dalam viewfinder, maka kamu akan melihat sebuah titik-titik kecil yang tersebar (banyaknya titik tergantung jenis dan model kamera) dimana titik focus itu untuk membantu kamu mencari focus gambar yang mau diambil.

Bagian-bagian diatas terdapat pada kamera dslr standard. Tentunya setiap bagian dapat anda manfaatkan…………..so let’s take the picture. (Mbe)

About these ads

Aksi

Information

9 responses

22 02 2011
raja karsito purba

ada yang mau ngasi aku kamera gratis gak? yang dslr d1000 aja…
acem??

15 03 2011
widuri

iyh gue deh mau kasih.. tapi yg rusak mau gak???
hahhahahaaa……….

16 07 2011
amink

gw baru pengen beli nih mana yang direkomendasikan ya…..???

16 07 2011
amink

gw baru pengen beli nih mana yang direkomendasikan ya…..???

blog-aminkomar.blogspot.com

24 07 2011
cah.brayo@gmail.com

jadi pengen :D

13 10 2011
eko yulianto

mabroo gwe pngen beli nech..
bgus nya kamera yg merek apa trus tipe nya…

18 10 2011
edward

ada yang mau bimbing saya gk ya????? mau beli camera yang standard ntuk traveling & adventure

8 11 2011
ayal

untuk travelling & adventure saya sarankan untuk menggunakan canon EOS 550D lebih praktis dan hasil lebih memuaskan

31 01 2012
Mengenal Kamera DSLR « Petunjuk dalam Hidup

[...] Sumber Share this:TwitterFacebookLike this:SukaBe the first to like this post. [...]

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: