Resep Membuat Cireng Sendiri di Rumah

30 12 2010

Bagi anda penggemar kudapan ringan tentu tidak asing dengan kudapan bernama cireng (Singkatan dari Aci Goreng) . Kudapan yang satu ini mudah ditemui di pinggir-pinggir jalan, pasar bahkan di cafe di sekalipun. Pada awalnya cireng tidak seperti sekarang yang sudah banyak variasinya, cireng dibuat dengan bahan dasar tepung tapioka (Aci dalam bahasa Sunda) tanpa tambahan bahan lain dan tanpa isi. Hasilnya cireng menjadi sangat lembek dan penuh minyak setelah digoreng sehingga kurang begitu disukai. Seiring dengan adanya inovasi cara memasak maka cireng telah berubah bentuk menjadi seperti ada yang di pasaran, tetapi tanpa meninggalkan rasa aslinya. Cireng saat ini lebih empuk dan berwarna lebih putih, ditambah dengan isi dengan berbagai pilihan rasa. Bagi anda yang ingin mencoba membuat cireng berikut saya berikan resepnya.

Cireng

Cireng

Bahan cireng:

200 gr tepung tapioka

50 gr tepung terigu

1 btg daun bawang, iris tipis

1 sdt garam

2 siung bawang putih, haluskan

50 ml santan kental

75 ml air

minyak untuk menggoreng

Bahan isi:

2 bh sosis, potong-potong kecil

½ bh bawang bombai, cincang halus

2 sdm saus tomat

½ sdt garam

½ sdt gula pasir

minyak goreng

Haluskan:

2 bh cabai merah

1 siung bawang putih

Cara membuat:

1. Aduk tepung tapioka, tepung terigu, daun bawang, dan garam.

2. Tumis bawang putih hingga harum, masukkan air dan santan, didihkan. Selagi panas, tuang ke dalam campuran tepung sambil diaduk rata. Setelah agak dingin, uleni dengan tangan hingga kalis. Bagi menjadi 24 buah, sisihkan.

3. Buat isi: tumis bumbu halus dan bawang bombai sampai matang, masukkan sosis, aduk hingga berubah warna.

4. Masukkan saus tomat, garam, dan gula pasir, masak sampai matang.

5. Pipihkan adonan cireng, isi dengan tumisan sosis lalu tutup lagi dengan adonan cireng. Goreng hingga kecokelatan. Angkat lalu hidangkan selagi hangat.(Untuk 12 buah)

Semoga bermanfaat.(Mbe)

About these ads

Aksi

Information

31 tanggapan

8 01 2011
gunawan

pak saya mau tanya apa isi cireng dan kulit isi cireng bandung dan apa tipnya agar tidak lengket setelah dibuat dan disimpan agak lama sebelim digoreng,,,,???

10 01 2011
Rimba 'Mbe' Rusli

klo cireng tradisional diisi dengan oncom….kulitnya terbuat dari tepung tapioka (aci)…..agar tidak lengket dicampung dengan tepung maizena ( 1/4 dari total berat tepung tapioka)

4 05 2011
Kobang

Saya pnya sdkt pandangn tntang cireng dr artikel ini. Hari ini mw mulai “karir” jd karyawan pabrik cireng, mnta doa ny smga sukses ya.. :)

25 07 2011
ahmad

bro..ane baru seminggu nih buka usaha jualan cireng isi dekat rumah, tapi bukan buatan sendiri, masih beli mentah dari produsen cireng isi tsb..lumayan bisa 100pcs terjual bahkan pernah lebih di hari-hari libur. nah pada kesempata ini, ane mau tanya kenapa:
1.bagaimana tips merawat cireng yang benar..? karena kalo ada sisa penjualan yg belum laku kalo disimpan dan dijual besoknya jadi keras mentah maupun matang nya
2.supaya cireng ga mudah patah-patah apa resepnya..?
ok bro segitu dulu ya pertanyaaan dari ane semoga ente bisa kasi masukan segera karena ane mau mulai bikin sendiri biar menghemat ongkos dan waktu… :)
ane ucapin makasih atas waktunya tuk membaca n membalas surel ini
wassalam
ahmad, agen tahu “kuring” asli cibuntu-bandung
email: teebease@yahoo.com Hp.021-44482890/085312121332

25 07 2011
Rimba 'Mbe' Rusli

Klo sisa mendingan diolah jadi sate cireng..(Ntar ane posting caranya)….biar g pecah kurangi tepung terigunya tambahin tepung tapioka lbh banyak…..

17 11 2011
Levina Amelia

kalau saya kemarin sudah coba buat. pertama goreng warna kulit kaya pisang molen, pasdi makan keras.
slanjutnya cireng pecah n minyak muncrat >.<
yg ketiga kepaksa dari api dingin bgt trus d pnasin tp pape api kecil. pas anget udah agak keras si. tp parahnya pas dingin malah makin keras.. sampe kaya makan batu =='
salah di cara goreng ato salah di adonan ya?
mohon balasannya.. thx :)

25 01 2012
Adria Septiani Cahya

MANTAAPP..

23 03 2012
yauma

Gaul mas bro

23 03 2012
umu najwa anoez

kenapa ya…….saya kalau bikin cireng dalamnya mentah…
gimana caranya biar cireng tidak mentah dalamnya
cirengnya g pake isi

27 05 2012
lianita

namanya usaha gk mungkin langsung bisa

27 05 2012
lianita

ya kan

20 06 2012
Dea Sakinah Hulfa

semoga buat bareng teman ntar, sukses,enak,lezat hehe .
amin

15 07 2012
githa

hempt akku bklan cobain bkin cireng mudah2n berhasil mengikutin cara ini

27 07 2012
ranti amru

kebetulan aku lagi seneng cireng mau coba ah

26 09 2012
rachma ummu annisa

mksh resepnya, insyaalloh mw nyoba tntux dg sgla kmnginanx alx gagal..
klw kngen ma tu cireng tgl bwt ndri gk hrs pulkam k Bdg
lw abis pulkam ti bdg teh beberngkes cireng, abis doyan c :)

20 11 2012
melati

wah cireng yg isi keju ada ya nanti saya mau coba di rumah

30 11 2012
dhien-bachro

airnya seberapa…? saya prnh cb bikin gagal lg.2… . jd-a pulen alot digoreng bag. dalem gak mateng,…
( bgmn cr mengaduknya)

2 12 2012
rita

klo adonan nya g pake santen bisa g?

2 12 2012
rita

klo adonan nya g pake santen bisa g?
tlng blsan’a

21 02 2013
Joko

Trims resepnya saya akan coba

24 03 2013
Hendra

min..jawab atuh…bikin cireng biar dalemnya ga mentah kumahakeun..???

25 03 2013
Rimba Anggara Rusli

di goreng pake api kecil, tungguin sampe minyaknya panas dulu

27 03 2013
riiskha

ngidam pgen mam cireng.. tp suami dr kmaren g dpet2. pdahal dsni bnyk y tkg cireng.a!! pgen bkin sndiri ajh dh.

28 03 2013
Rimba Anggara Rusli

monggo mbak…..

12 04 2013
anoindhita

wau keren tapi aq tidak bisa membuat

27 04 2013
bunyamin74@yahoo.com

saya sudah mencoba tetapi gagal trus…hasilnya keras

5 07 2013
imut

gak ada cireng yg mudah di buat

6 10 2013
fuang busyair

ana coba buat cireng aci campur terigu malah dibilang empe-empe.

3 11 2013
Taufik Widiarto

Alhamdulillah kutemukan juga resep ini. terima kasih…. :)

26 12 2013
icha cahya

low bkin cireng’y gk pke santen bsa gk yaa…

23 04 2014
anisatry

keren…..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: