Tips Memodifikasi Motor…

26 02 2012

Bagi anda yang berniat untuk memodifikasi sepeda motor kesayangan anda.saya ingin sedikit berbagi kisah (Cccciieeee…) berdasarkan pengalaman pribadi, saya merombak motor warisan Honda SuperCup 80 cc 1986 menjadi Honda bebek C70 Klasik(Bekjul). Entah kenapa sejak masih SMP saya memang terobsesi pada Honda bebek C70 Klasik. Perombakan dimulai dari sasis yang sudah rapuh distel ulang agar lebih kokoh dan presisi. Rencananya mesin diservis ulang agar lebih bertenaga, tapi di Kaskus ada yg jual blok mesin astrea grand 1993 akhirnya mesin supercup dicopot trus dipasang mesin astrea grand 1993. Setelah dipasang lalu distel pengapian , gear etc ..akhirnya bisa beroperasi dengan baik. Mesin + sasis beres…trus lanjut kesistem electric , pasang aki, beresin kabel2. Setelah problem di mesin selesai, berlanjut merubah tampilan body , secara body Honda supercup 80 cc 1986 tidak jauh berbeda dengan Honda bebek C70 Klasik , perbedaan hanya pada dok kepala dan sparkboard. Tidaklah sulit mencari bodi motor klasik yang satu ini, berburu dipasar loak Ciroyom dan Andir Bandung akhirnya dapat juga dengan kualitas yg cukup baik dan harga miring tentunya. Body lama dibongkar lalu dipasang body yg baru….waw. lumayan cukup puas dengan tampilan Honda bebek C70 Klasik walaupn masih berwarna belang-belang. Dikarenakan budget sudah mulai menipis alhasil motor ini saya bawa pulang untuk saya cat dan dempul sendiri. Hehehe ngumpulin uang lagi masbro (maklumlah mahasiswa abadi….) , akhirnya bisa dicat dan didempul sendiri hasilnya lumayan kinclong nich dan layak pakai. OBSESI TERPUASKAN….!!!!!!!. Berikut saya berikan sedikit tips bagi anda yang ingin memodifikasi sepeda motor anda.

1 . Pikirkan dengan matang konsep modifikasi
Hal ini cukup penting karena konsep yang matang agar arah modifikasi motor lebih terpola. Buatlah sketsa design modifkasi yang anda inginkan (klo bisa) digambar tangan , atw pake photoshop. Dengan membuat sketsa terlebih dahulu anda akan mendapat sedikit gambaran hasil modifikasi motor.

2 . Hunting informasi spare part di pasaran
Dikarenakan saya memodifikasi motor tua , tentunya hunting spare part adalah hal yang wajib dilakukan agar saya lebih mengetahui spare part yang dibutuhka ada di pasaran atau tidak. Hal ini pun berlaku bagi anda yang ingin memodifikasi motor yang anda punya.

3 . Sesuaikan dengan budget
Faktor yang sangat krusial, karena jika budget tidak mencukupi hal yang saya alami dapat pula terjadi pada anda. Sedikit tips untuk menghemat budget, hal-hal yag dapat dilakukan sendiri sebaiknya kita lakukan sendiri , seperti membeli spare-part , body dan mengecat.

Besar Biaya yg dihabiskan

Beli Mesin Astrea Grand                    : Rp 750.000
Set & las sasis                        : Rp 300.000
Electrical Sistem                    : Rp 300.000
Dok kepala,wing,lampu Sparkboard Depan n belakang     : Rp 300.000
Bengkel                            : Rp 250.000
Biaya tak terduga                    : Rp 250.000  +
=======================================================================
Total                              Rp 2.150.000

Lumayan gede juga biayanya ,,,klo mau sich bisa buat DP kreditan motor baru hehehe. Bukan itu yang dicari tapi memuaskan obsesi pada motor klasik. (Rimba_rusli)

About these ads

Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: