Uncategorized

‘Booming’ Rubik


Siang itu aku sedang menikmati teh dingin bersama teman2 di salah pusat perbelanjaan di kota Kembang. Di kejauhan tampak anak2 SMA sedang memainkan sebuah benda berbentuk kubus berwarna-warni. Disaat kebnayakn anak2 laiannya sibuk dengan Facebook ,twitter atau berchatting ria , mereka lebih asyik dengan sebuah kubus berwarna-warni. Iya benar sekali kubus itu adalah Rubik. Permainan rubik pada dasarnya mengasah kemampuan otak kita untuk mencocokan warna di keenam sisi kubus.
Rubik adalah permainan dalam bentuk teka-teki mekanik yang diciptakan pada tahun 1974 oleh seorang berkebangsaan Hongaria , Erno Rubik. Pada awalnya kubus rubik terbuat dari plastik yang terdiri atas 36 sisi. Setiap sisi memiliki sembilan permukaan yang terdiri atas enam warna yang berbeda. Teka-teki inilah yang harus dipecahkan agar setiap sisi kubus punya satu warna. Semenjak itu rubik menjadi salah satu permainan yang disukai oleh masyarakat dunia. Pada awal 1990-an banyak digelar kejuaraan rubik di beberapa negara. Dari berbagai kejuaraan inilah lahir teknik dan trik untuk menyelesaikan permainan rubik yang ditawarkan oleh beberapa juara dunia seperti Yu Nakajima, Fridrich , Bob Burton dan Poschmann. Dengan adanya teknik dan trik inilah permainan rubik semakin digemari.
Seiring perkembangannya rubik’s cube yang awalnya hanya berjenis 3x3x3 , mengalami perkembangan menjadi 4x4x4 , 7x7x7 bahkan berbentuk prisma. Beberapa rubik yang ada saat ini adalah Rubik’s Mirror, Rubik’s Pyramix ,Rubik’s Truncatid dan Rubik’s Korek Api. Semakin beragamnya jenis rubik maka semakin menantang kita uktuk menyelesaikan triknya. Dengan bermain rubik berarti melatih kemampuan otak itu dan juga membuat saraf sensorik dan motorik kita agar bekerja dengan baik.(Mbe)

One thought on “‘Booming’ Rubik

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s