Photography Tips

Canon eos 1000D : Kamera DSLR Pilihan Bagi fotographer Pemula


Fotography , kata itu mungkin sudah tidak asing di telinga anda.Perkembangan dunia fotography yang begitu pesat semenjak ramainya pemasaran kamera digital. Ditambah semakin murah kamera digital pocket hanya dengan budget kurang 1 juta anda membawa pulang kamera digital pocket. Tapi bagi anada yang ingin serius menekuni dunia fotography sebagai fotographer pemula, ada baiknya anda membeli kamera digital jenis DSLR, salah satu kamera DSLR yang ingin saya rekomendasikan , salah satunya adalah Canon eos 1000d.
Mengapa saya merekomendasikan kamera ini, pertimbangannya adalah bagi anda para pemula, yang menjadi titik beratnya bukanlah pada fitur kamera tapi pada kemampuan kamera dalam membidik objek. Terlebih lagi bagi pemula tentunya ingin belajar cara menggunakan kamera , membidik objek dengan baik dan benar. Sehingga saya fikir kamera ini cukup cocok untuk anda yang ingin belajar fotography.
Mari kta bahas canon eos 1000D dari sisi desain terlebih dahulu. Dari sisi desain, Canon EOS 1000D lebih mirip Canon EOS 450D namun dengan pengurangan beberapa fitur yang dimiliki 450D. Sensor yang digunakan pada kamera ini menggunakan sensor berkapasitas 10.1 megapixel. Secara tampilan kamera boleh dikatakan standar. Yang cukup mengejutkan adalah bobot kamera ini yang tergolong ringan untuk ukurannya. Bobot kamera ini hanya sekitar 450 gram, cukup ringan bukan.
Dalam kemampuan membidik gambar kamera ini cukup baik kareana didukung oleh lensa Canon Zoom Lens. Salah satu nilai lebih kamera ini adalah kemampuannya menghasilkan gambar dengan noise yang sangat rendah. Bahkan saat menggunakan mode 1600 ISO, hasil bidikan tetap jernih dengan hanya sedikit noise pada area yang gelap. kamera ini sanggup menghasilkan gambar dengan kualitas memuaskan. Starts up time kamera ini tergolong bagus dan performanya saat digunakan untuk membidik objek pun tak jauh beda dengan kamera Canon dengan harga yang lebih mahal.
Penilaian saya pribadi setelah menggunakan kamera ini dari sisi performa memang sangat memuaskan. Trusted Reviews bahkan memberikan nilai 8 dari 10 untuk kamera ini. Pada awal peluncurannya akhir 2008 kamera ini di bandrol seharga 7 juta rupiah. Namun kini dengan 4-5 juta rupiah anda sudah dapat memiliki kamera ini. (Mbe)

Spesifikasi (Sumber Majalah Chip) :

Sensor                     : 22.2 x 14.8mm CMOS 10.1 megapixel
Lensa                       : Canon Zoom Lens
Zoom                       : By Lens
Viewfinder             : Optical TTL, 95% coverage
LCD Monitor         : 2.5 inci
Maximum Aperture : By Lens
Shutter Speed        :  30-1/4000 sec
White Balance        : AWB, Daylight, Shade, Cloudy, Tungsten, White Fluorescent light, Flash, Custom.
Flash                          : Built-in Flash with red eye reduction
Shooting Modes    : Auto, Portrait, Landscape, Close-up, Sports, Night Portrait, No Flash, Program AE , Shutter priority AE, Aperture priority AE, Manual, A-DEP
Photo Effects          : N/A
Storage Media        : SD card, SDHC card
File Format             : JPEG, RAW
Interfaces                : USB 2.0, Video output (PAL/ NTSC)
Dimensi                     : 126.1 x 97.5 x 61.9 mm
Situs Resmi               : http://www.canon.co.uk

14 tanggapan untuk “Canon eos 1000D : Kamera DSLR Pilihan Bagi fotographer Pemula

  1. Bung Rimba, thanks sharing infonya.

    Saya benar2 pemula, dua bulan lalau saya baru beli Canon 5D Mark II tp blm bisa gunakan dengan baik. Bisa bantu cara untuk dapatkan gambar yang bagus? Digital Frame Software apa yang cocok untuk edit dengan canon? Saya masih cari2 nich.

    Email: giriprastowo@yahoo.co.id

    Thanks, Giri Prastowo

    Suka

  2. Bang Rimba, terima kasih untuk reviewnya. Overall setuju, namun kelemahan 1000D adalah ketika fokus cahaya minim, terkadang sulit untuk kamera menangkap titik objek. Juga ketika penggunaan yang continues, terkadang kamera akan lama sekali memproses (status dilayar busy).

    Mungkin Bang Rimba bisa memberikan pencerahan kepada saya agar saya bisa lebih maksimal mengeksplorasi 1000D ini.

    Saya biasa menggunakan lensa 50mm + 28 – 135mm.

    Regards,
    Luther T.
    uthekasep@yahoo.com

    Suka

  3. saya baru beli kamera canon eos 1100D tp blm bisa mengoprasionalkan utk hasil maksimal bisa bantu utk membaca fitur dan peggunaanya? tks

    Suka

  4. I seldom leave a response, however i did some searching and wound up here Canon eos 1000D : Kamera DSLR Pilihan Bagi
    fotographer Pemula | Rimba Anggara Blog’s. And I do have a few questions for you if you do not mind. Is it only me or does it look like a few of the comments come across as if they are coming from brain dead folks? 😛 And, if you are posting at additional online social sites, I’d like to follow
    everything new you have to post. Could you list of all of
    all your public pages like your Facebook page, twitter feed, or linkedin profile?

    Suka

Tinggalkan komentar