Uncategorized

Tips memilih laptop Bekas / Second


Tips memilih laptop bekas
Tips memilih laptop bekas

Laptop saya kira untuk jaman sekarang bukanlah barang yang tidak asing lagi dengan kita , buktinya adik sepupu saya yang masih duduk di bangku klas 4 SD sudah mahir menggunakannya. Pada dasarnya laptop memiliki fungsi hampir sama dengan PC yang membedakan adalah laptop bisa dibawa kemana-mana berbeda dengan PC. Laptop pada saat ini dikelompokan menjadi Notebook dan Netbook. Perbedaannya adalah Notebook berukuran lebih besar dan lebih berat ,prosesor minimal intel core atau dual core , LCD berukuran 14-17 inchi dilengkapi CD-Rom atau DVD-Rom. Sedangkan netbook berukuran lebih kecil dan lebih ringan , prosesor max intel atom, LCD max berukuran 12 Inchi tanpa dilengkapi CD-Rom atau DVD-Rom. Secara hargapun Notebook lebih mahal daripada Netbook. Notebook biasanya dibanderol seharga 5-10 juta jika Netbook cukup dengan 3-4 juta. Tetapi secara fungsi memiliki kegunaan yang sama seperti mengetik , bermain game dan browsing internet dengan performance yang hampir sama.
Untuk anda yang ingin memiliki Notebook atau Netbook (untuk selanjutnya kita sebut: Laptop) tetapi hanya memiliki budget rendah ada baiknya anda membeli laptop bekas/second. Beberapa laptop bekas/second ditawarkan dengan harga berbeda sekitar 30-40 % dari harga laptop baru bergantung pada umur dan kondisi laptop. Sedangkan Untuk laptop bekas dengan prosesor Pentium 4 biasanya ditawarkan pada kisaran 1-2 juta. Seringkali konsumen terkecoh dengan harga murah yang ditawarkan oleh karena itu agar anda tidak kecewa ketika membeli laptop bekas ada beberapa tips yang sebaiknya anda coba.

1 . Perhatikan Brand/Merek
Brand/Merek menjadi faktor yang harus anda perhatikan ketika membeli laptop bekas. Laptop bekas dengan brand/merek yang sudah cukup dikenal seperti acer, sony dan toshiba kemungkinan memiliki kualitas laptop yang cukup baik walaupun dalam kondisi bekas. Tetapi tidak menutup kemungkinan merek lain pun memilki kualitas yang sama. Brand/Merek pun berguna jika laptop anda bermasalah karena anda akan mudah untuk menemukan service centernya.

2 . Periksa baterai dan hardware
Jangan terkecoh oleh tampilan laptop yang terlihat baik bahkan baru. Sebaiknya anda memeriksa kondisi baterai dan hardware (RAM,LCD,VGA dan Keyboard). Baterai memiliki peranan penting sebagai sumber energi bagi laptop. Baterai yang baik memiliki umur selama 3-4 jam, jika kurang baik kemungkinan selama 1-2 jam. Perhatikan kualitas LCD dalam menunjukan kecerahan gambar,cobalah untuk mengatur kecerahan warna dari system setting LCD, karena jika bermasalah LCD merupakan hardware yang paling mahal. Keyboard pun sama pentingnya, cobalah untuk menekan semua tuts keyboard apakah hasilnya muncul di LCD.

Hardware
Hardware

3 . Maksimalkan penggunaan Laptop
Jangan malu untuk memaksimalkan penggunaan laptop ketika anda sedang menawar. Hal ini berguna untuk mengukur kinerja laptop terhadap system operasi (Windows). Maksimalkan untuk membuka aplikasi sederhana seperti Microsoft office , winamp , WMP , corel dan photoshop. Perhatikan waktu loading ketika membuka aplikasi sederhana , jika waktu loading cepat berarti laptop berkondisi cukup baik namun jika tidak berarti laptop berkondisi kurang baik.

4 . Banyak bertanya atau ajaklah teman
Ada pepatah “Malu bertanya sesat dijalan” oleh karena itu banyaklah bertanya untuk mengetahui kondisi laptop , umur laptop dan kinerja laptop. Jika anda merasa malu untuk bertanya, ada baiknya anda mengajak teman yang mengerti tentang laptop jadi anda dapat sedikit berdiskusi dan meminta sedikit masukan. Kedua hal ini berguna sebagai bahan pertimbangan anda ketika akan membeli laptop.

5 . Mintalah garansi
Jika anda sudah merasa cocok dengan laptop yang anda iniginkan , jangan ragu untuk meminta garansi dari toko tempat anda membeli. Masa garansi toko biasanya hanya 3 bulan tetapi lumayan jika laptop anda bermasalah selama masa garansi karena laptop anda bekas bukan baru.

6 . Jangan ragu untuk mencari yang lain jika dirasa tidak cocok
I’ts easy to feeling…..perasaan anda mungkin saja bisa benar. Jika anda merasa kurang cocok atau ragu dengan laptop yang anda pilih jangan ragu untuk mencari tempat lain. Tentunya gunakan cara dan bahasa yang ketika anda akan mencari tempat yang lain jangan sampai menyinggung perasaan pemilik toko.

Beberapa tips diatas dapat anda praktekan ketika akan membeli laptop bekas. Tetapi intinya berbalik pada diri anda sendiri dalam menentukan pilihan.I hope it can be useful for you. (Mbe)

5 thoughts on “Tips memilih laptop Bekas / Second

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s