Photography Tips

Nikon D3000 : Kamera DSLR Pilihan Bagi fotographer Pemula (Bagian 2)


Setelah posting sebelumnya saya membahas Kamera DSLR canon eos 1000d, kali ini saya membahas akan kamera DSLR Nikon D3000. Sejak diluncurkan nikon pada akhir tahun 2008 , kamera ini cukup menarik perhatian karena harga yang ditawarkan cukup murah dibandingkan kamera DSLR buatan nikon sejenis. Bagi fotographer pemula kemabli yang menjadi  titik berat adalah kemampuan kamera dalam membidik objek. Terlebih lagi bagi pemula tentunya ingin belajar cara menggunakan kamera , membidik objek dengan baik dan benar.
Secara dimensi Nikon D3000 D-SLR berukuran 126 x 94 x 64 mm. Bobotnya tergolong cukup berat yaitu sebesar 620g (tanpa baterai). Walaupun cukup berat kamera sekelasnya namun Nikon D3000 ini masih cukup nyaman digenggam. Grip yang juga berfungsi sebagai tempat baterai memberikan pegangan yang cukup besar sementara area kosong di baliknya pun cukup lapang untuk tumpuan ibu jari. Hasilnya, kamera tak jadi gampang terpeleset saat dioperasikan. Tombol-tombol ditata rapi di sebelah kanan layar dan di berbagai tempat yang mudah dijangkau oleh jari.Dalam kemapuan membidik objek Nikon D3000 cukup bisa diandalkan karena dilengkapi dengan sensor berkapasitas 10.2 megapixel. Sistem fokus bekerja dengan cepat dan akurat bahkan di hampir semua kondisi pencahayaan.
Nikon D3000 dilengkapi kemampuan membidik objek dalam format JPEG dan RAW. Dalam mode JPEG kamera ini sanggup mengambil dua gambar dalam satu detik sementara bila menggunakan mode continuous maka tiga gambar dapat diambil dalam waktu satu detik. Kemampuan ini akan menurun saat menggunakan mode RAW. Tentu saja penurunan kecepatan ini ada gunanya. Menggunakan format RAW jelas hasil bidikan akan lebih berkualitas karena tak ada kompresi pada saat file diproses. Hasil bidikannya sangat tajam dengan exposure yang sempurna. Warna alam pun dapat direproduksi dengan sangat baik dan tak ada gejala penyimpangan warna.
Penilaian saya pribadi kamera ini cukup baik dari segi performa dan dalam kemampuan membidik objek. Trusted Reviews bahkan memberikan nilai 8 dari 10 untuk kamera yang terbuat dari plastik dan kerangka logam ini. Berdasarkan survey tertanggal 3 Mei 2010 di beberapa pusat elektronik di Bandung, kamera ini di banderol seharga 5-6 jutaan. (Mbe)
Spesifikasi (Sumber Majalah Chip) :
Sensor : 18-55mm f/3.5-5.6G 10.2 megapixel DX-format CCD sensor
Lensa : Nikon Zoom Lens
Zoom : By Lens
Viewfinder : Optical TTL, 95% coverage
LCD Monitor : TFT (230.000 pixel) 3 inci
Maximum Aperture : By Lens
ISO Range : 100-1600 (expand to Hi-1 setting of ISO 3200)
Storage Media : SD card, SDHC card
File Format : JPEG, RAW
Interfaces : USB 2.0, Video output (PAL/ NTSC)
Dimensi : 126 x 94 x 64 mm

33 tanggapan untuk “Nikon D3000 : Kamera DSLR Pilihan Bagi fotographer Pemula (Bagian 2)

  1. saya juga sudah sempat merasain nikon D3000, dan memang lumayan berat, pegel juga megangnya,,
    karena saya baru, saya masih butuh banyak info mengenai kamera ini,
    mohon bantuannya mengenai penggunaan dan trik potret,

    Suka

  2. Kecewa berat sih engga, cuma light meternya agak ngaco, terutama kalau di indor, kalau di outdorsih bolehlah di adu, minta referensi flash nikon ori murah donk…

    Suka

    1. Mungkin bisa aja gan…..mndgn coba dulu saran saya, sampeyan pingin liat orang tapi g pake buka mata, klo udah bisa cobain ke kamera sampeyan kameranya matiin aja gak usah bidik objeknya trus liat di layarnya ada gambarnya ngak

      Suka

  3. With havin so much content do you ever run into aany
    problems of plagorism or copyright infringement? My website has a
    lot of exclusive content I’ve either created myself or
    outsourced buut it looks like a lot of it is popping it up all over the internet without my authorization.
    Do you know any ways to help reduce content from bejng ripped off?
    I’d really appreciate it.

    Suka

Tinggalkan komentar