Photography Tips

Pentax K-m : Kamera DSLR Pilihan Bagi fotographer Pemula (Bagian 3)


Pentax k-m
Pentax k-m

Setelah 2 posting yang lalu saya memgulas Canon eos 1000D dan Nikon D3000 , sekarang saya akan mengulas Pentax K-m. Secara harga Kamera yang satu ini terhitung murah lantaran sudah menggunakan sensor shift image stabilisation.Bagi fotographer pemula kembali yang menjadi  titik berat adalah kemampuan kamera dalam membidik objek. Terlebih lagi bagi pemula tentunya ingin belajar cara menggunakan kamera , membidik objek dengan baik dan benar.

Dibandingkan dengan kamera lain yang sekelas, Pentax K-m ini tergolong cukup kecil. Dimensinya hanya sekitar 122,5 x 91,5 x 67,5mm saja. Bobotnya pun tak terlalu berat, hanya sekitar 525g saja. Pentax K-m ini menawarkan kemudahan dengan menyajikan sistem kendali yang relatif sederhana. Tampilan menu pada layarnya pun tak kalah simple-nya dan tak akan membingungkan mereka yang baru beralih ke kamera DSLR.Meski tergolong kecil untuk kamera sekelasnya namun Pentax K-m ini masih cukup nyaman digenggam. Grip yang juga berfungsi sebagai tempat baterai memberikan pegangan yang cukup besar sementara area kosong di baliknya pun cukup lapang untuk tumpuan ibu jari. Hasilnya, kamera tak jadi gampang terpeleset saat dioperasikan. Tombol-tombol ditata rapi di sebelah kanan layar dan di berbagai tempat yang mudah dijangkau oleh jari.

Anda bisa mengatur kamera untuk membidik objek dengan cara yang Anda inginkan. Yang paling menarik mungkin adalah fitur digital filter. Fitur ini juga berisi single-colour mask, starburst, soft focus dan beberapa opsi lain untuk mengubah tone gambar termasuk high-contrast, retro dan toy camera. Sistem fokus bekerja dengan cepat dan akurat bahkan di hampir semua kondisi pencahayaan. Dari kondisi mati, Pentax K-m ini akan siap bekerja dalam waktu kurang dari satu detik. Dalam mode JPEG kamera ini sanggup mengambil dua gambar dalam satu detik sementara bila menggunakan mode continuous maka tiga gambar dapat diambil dalam waktu satu detik. Tentu saja kemampuan ini akan menurun saat menggunakan mode RAW. Dengan menggunakan format RAW jelas hasil bidikan akan lebih berkualitas karena tak ada kompresi pada saat file diproses. Hasil bidikannya sangat tajam dengan exposure yang sempurna. Warna alam pun dapat direproduksi dengan sangat baik dan tak ada gejala penyimpangan warna. Gejala chromatic aberration dapat ditekan pada batas normal dan noise pun hampir tak terlihat meski menggunakan ISO 800 sekalipun.

Penilaian saya pribadi kamera ini cukup baik dari segi performa dan dalam kemampuan membidik objek untuk kamera sekelasnya. Bahkan Trusted Reviews memberikan nilai 8 dari 10 pada kualitas hasil bidikan dan build quality dari kamera yang bodinya terbuat dari plastik dengan kerangka logam ini. Hanya sayang untuk mendapatkan kamera yang dilempar ke pasaran dengan banderol harga sebesar US$610 atau sekitar Rp6 jutaan ini anda harus cukup bersabar dalam mencari. Dikarenakan memang agak sulit untuk mencarinya di beberapa pusat elektronik. (Mbe)

Pentax k-m
Pentax k-m

SPESIFIKASI:

Sensor : 23.5mm x 15.7mm Interline interlace CCD (10.2 megapixel)
Lensa : PENTAX KAF2 bayonet mount
Zoom : –
Viewfinder : Fixed molded penta-mirror type
LCD Monitor : 2.7″ TFT color LCD monitor , brightness adjustable, Wide angle view
Maximum Aperture : –
Shutter Speed : 1/4000 – 30 sec.
White Balance : Auto, Daylight, Shade, Cloudy,Tungsten Light, Fluorescent Light (W, D, N), Flash, Manual setting, with WB fine adjustment
Flash : Built-in retractable P-TTL pop-up flash
Shooting Modes : Single, continuous
Photo Effects : Toy camera, High contrast, Soft, Star burst, Retro, Extract colour
Storage Media : SD/SDHC card slot
File Format : RAW, JPEG
Interfaces : USB, A/V
Dimensi : 122.5 x 91.5 x 67.5mm
Situs Resmi : http://www.pentax.co.uk

One thought on “Pentax K-m : Kamera DSLR Pilihan Bagi fotographer Pemula (Bagian 3)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s