Uncategorized

Tips Memilih Tabung Gas 3 Kg


Maraknya kecelakaan yang disebabkan oleh ledakan tabung gas 3 kg telah banyak merenggut korban jiwa. Kerugian yang disebabkan tetntunya sudah tidak terhitung baik secara materi terlebih-lebih banyak yang melayang. Secara payung hukum pun perlindungan terhadap konsumen seperti kurang begitu kuat, terlihat dari beberapa kasus konsumen yang menjadi korban kurang mendapat perhatian dari pihak pertamina (penggantian ganti rugi). Ada baiknya kita melakukan tindakan preventif untuk mencegah terjadinya ledakan. Bagi anda yang sehari-hari menggunakan tabung gas 3 kg, berikut saya berikan beberapa tips yang sebaiknya anda coba ketika anda membeli tabung gas 3 kg.

Tabung Gas 3 Kg
Tabung Gas 3 Kg

1 . Periksa tabung gas
Periksalah secara sederhana dan wajar. Lihatlah dari warna tabung jika terlihat banyak terdapat karat apalagi penyok sebaiknya anda menggantinya dengan tabung yang lebih bagus. Perhatikan pula tanggal kadaluarsa dan logo SNI yang terdapat pada tabung. Tabung yang terlihat baik memiliki kemungkinan tabung masih dalam kondisi yang masih baik pula.

2 . Cek segel dan karet pengaman pada tabung gas
Segel dan karet pengaman yang terdapat pada mulut tabung gas berfungsi untuk mengalir gas LPG menuju regulator. kondisi segel harus menutup rapat mulut tabung gas , jika segel rusak sebaiknya anda menukarnya dengan tabung gas yang bersegel baik. Perhatikan pula karet pengaman, benda ini harus berada pada posisinya. Jika anda telah membuka segel ternyata tidak terdapat karet pengaman maka mintalah karet pengaman di tempat anda membeli gas.

3 . Coba hirup dan dengarkan badan tabung gas
Cara ini cukup untuk efektif untuk mengetahui apakah tabung tidak bocor. Coba hiruplah badan tabung gas 3 kg jika tercium bau menyengat ada kemungkinan tabung gas yag anda beli bocor. Gas LPG mengeluarkan bau menyengat jika terjadi kebocoran. Dengarkan pula badan tabung gas jika terdapat bunyi mendesis maka kemungkinan tabung gas anda bocor.

Regulator dan Segel Pengaman
Regulator dan Segel Pengaman

Untuk diingat jangan sekali-kali menyalakan api ketika terjadi kebocoran karena hal inilah pemicu utama terjadi ledakan. Tapi saya berharap hal itu tidak terjadi pada anda. Tetap berhati-hati dalam membeli tabung gas 3 kg, semoga bermanfaat. (Mbe)

One thought on “Tips Memilih Tabung Gas 3 Kg

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s