Uncategorized

Tips Menghindari Mengantuk Saat Menyetir


Beberapa saat yang lalu saya melihat sebuah berita tentang sebuah kecelakaan mobil yang terjadi di salah satu ruas tol cipularang. Kecelakan beruntun yang melibatkan 2 mobil pribadi dan sebuah truk. Berdasarkan keterangan pihak kepolisian penyebab utama kecelakaan tersebut adalah sopir truk yang mengantuk.

Menyetir Aman
Menyetir Aman

Dari berita diatas saya teringat kebiasaan yang kadang kala terjadi ketika saya menyetir yaitu mengantuk ,hal sepele yang dapat berakibat buruk. Rasa kantuk yang mendera pada saat menyetir tentunya sangat beresiko pada terjadi kecelakaan terlebih bagi anda yang membawa penumpang di mobil anda. Berikut saya berikan beberapa tips untuk menghindari kantuk pada saat menyetir.

1 . Istirahatlah yang cukup
Sebelum anda menyetir usahakan anda beristirahat cukup. Istirahat yang cukup berguna untuk memulihkan stamina anda. Dengan stamina yang prima tentunya membantu anda untuk fokus pada perjalanan anda. Rasa kantuk biasanya timbul dikarenakan kurangnya istirahat pada saat sebelum anda menyetir.

2 . Kurangi mengkonsumsi makanan berkarbohidrat tinggi
Mengisi perut sebelum perjalanan memang perlu untuk menghindari masuk angin ketika perjalanan. Usahakan jangan terlalu banyak mengkonsumsi makanan mengandung karbohidrat tinggi seperti nasi dan roti. Ada hal yang perlu diperhatikan sebaiknya sebelum menyetir anda makan tetapi jangan sampai terlalu kenyang. Karena kedua hal ini menyebabkan anda mudah mengantuk

3 . Dengarkan musik selama perjalanan
Musik merupakan salah satu cara untuk menghilangkan kantuk selama perjalanan. Musik memiliki nada berirama sehingga menstimulasi otak anda untuk tetap terjaga sehingga anda bisa tetap fokus. Dengarkanlah musik kesenangan anda atau musik yang menurut anda dapat menghilangkan kantuk.

menyetir
menyetir

4 . Ajaklah Teman Ngobrol
Menyetir sendirian tentulah membosankan,ada baiknya anda menyetir didampingi teman. Ajaklah teman anda mengobrol jangan biarkan teman anda tidur sehingga anda suasana menjadi sepi. Dengan adanya obrolan membantu anda tetap terjaga dan fokus pada perjalanan.

Tips-tips diatas dapat anda coba praktekan jika anda ingin menghindari kantuk selama menyetir. Tapi jangan lupa menyetirlah dalam batas kecepatan yang aman , jangan ugal-ugalan dan tetap patuhi peraturan lalu lintas. Ingat keluarga anda menanti di rumah. (Mbe)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s