Travel & Photography

Teknik dasar Menggunakan Kamera dslr


Sesuai dengan janji pada posting sebelumnya kali ini saya akan membahas teknik memotret gambar dengan kamera dslr. Banyak sekali teknik memotret dengan menggunakan kamera dslr, kali ini saya akan mengulas teknik dasar terlebih dahulu. Karena teknik cukup mudah dipelajari dan dilakukan terlebih bagi  yang baru pertama kali pake kamera dslr.

Hal pertama yang harus diperhatikan pastikan kamera anda sudah dalam kondisi “siap” untuk dipakai, cek baterai, cek memory, dll. memotret bisa kapan saja kita mau. Kenapa kita ingin memotret? simpel saja, menurut saya, karena ada moment dan tentunya ada kamera dong.

Kali ini saya menggunakan kamera nikon d40 standard. Fotografi menurut pemula kaya saya banyak kategorinya, ada yang suka landscape (pemandangan), studio, wildlife, underwater, macro, dll. Untuk sekarang ini yang saya akan tuliskan, mungkin akan lebih mengarah ke fotografi landscape, karena hal ini yang paling sering dilakukan oleh para fotografer pemula. Sebelum memotret saya biasa melakukan ‘ritual’ pada kamera yaitu :

Setting Kamera
Setting Kamera

1 . Mensetting ke mode av (aperture value) yaitu hanya merubah besarnya bukaan diafragma sehingga shutter speed sudah automatis di set oleh kamera tersebut. bukaan terbaik/ ketajaman terbaik ada di bukaan F/8.0 jika ingin DOF (depth of field) lebih panjang bisa memakai bukaan F/14 (saya tidak menyarankan jika memakai F/16 keatas, memang semuanya terlihat focus tetapi ketajaman sudah berkurang sehingga hasilnya kurang maksimal).
2 . Memakai iso 100 (semakin rendah semakin baik) jika cahaya kurang dan shutterspeednya kurang (saran saya shutterspeed lebih baik diatas 1/60 agar tidak shake) bisa dinaikan isonya.
3 . Lebih baik menggunakan lensa wide seperti 18-55mm dan 17-85mm.

Setelah kondisi diatas siap, Mari kawan…!!! menuju tempat dimana yang baik untuk foto. Ada baiknya perhatikan :

1 . Arah cahaya matahari datang, lebih baik memotret jangan mengarah matahari, membelakangi matahari itu lebih baik (karena kita membutuhkan cahaya matahari untuk pencahayaan). memotret lebih baik pada pagi dan sore hari, karena kalau siang hari, cahaya matahari terlalu tajam (biasanya langit putih dan tidak menarik).
2 . Pilihlah background yang baik dan indah (pilihlah sesuka hati).
3 . Carilah angle terbaik, bisa dikatakan ada low angle, mid angle, high angle. ketiga angle tersebut memberikan perbedaan hasil foto yang sangat berarti.

199637_1795354695540_1589897975_1703184_5133888_n

Come on let’s take a picture

Ooowwwwh bagaimana hasilnya, lumayan kan? hmm, coba bereksperimen dengan teknik dasar lainnya seperti :

1 . Panning adalah dengan menggerakkan kamera ke arah gerak objek (panning) bertepatan dengan melepas tombol. hasil gambarnya ialah latar belakang kabur, tetapi gambar subjek jelas. seberapa jelas atau kaburnya subjek tergantung pada cepat atau lambatnya gerakan panning. jika gerakannya bersama-sama dengan gerakan subjek, maka gambar yang dihasilkan jelas. sebaliknya jika kamera lebih cepat atau lebih lambat dari gerakan subjek, maka hasilnya akan blur (kabur).

panning.jpg
panning

2 . Slowspeed adalah jika benda yang bergerak cepat dipotret dengan speed shutter rendah, maka hasilnya ialah gambar akan tampak kabur, seakan-akan disapu, namun latar belakangnya jelas. efek ini terkadang bagus dan menimbulkan sense of motion dari benda yang dipotret.

slowspeed
slowspeed

3 . Freezing adalah speed cepat kita gunakan untuk memotret benda yang bergerak. semakin cepat pergerakan benda tersebut, maka semakin besar angka speed shutter yang kita butuhkan.

freeze
freeze

Thank’s my friend to read my article , maybe it can be useful for you. (Mbe)

25 thoughts on “Teknik dasar Menggunakan Kamera dslr

  1. mau tanya, saya pake canon 1000D, kalo poto malam hari dengan latar belakang gedung2 tinggi dengan cahaya yang minim, settinganx gimana ya? apakah flashx harus dipake? thanks atas petunjukx:)

    Suka

  2. s better to use whole foods made from scratch for good health.
    Anyone who dares to make a closer inspection will
    find the underlying difference. Then leave it a while until your tummy lets you know that you’re hungry again before opting for a healthy snack.

    Suka

  3. gua masih kurang mengerti tentang pengambilan obyek yang bergerak, gmn tuh agar obyek bergerak yang qt ambil. gambarnya tidak rusak atau berbayang,

    Suka

  4. maap master mohon pencerahannya saya pake nikon D4s baru aja datang kemarin siang pas motret siang terlalu cerah gimana setting cahayanya, makasih:)

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s