Uncategorized

Barca Cukur Madrid 5-0, Bermula dari Xavi


Barcelona mempermalukan Real Madrid 5-0 pada lanjutan La Liga Spanyol di Camp Nou, Selasa dinihari WIB, 30 November 2010. Barca pun menggeser Madrid di puncak klasemen.

Rekor selalu menang Madrid terhenti di Camp Nou. Dengan cemerlang Barcelona mempermalukan Los Blancos dengan permainan tiki-taka yang apik. Madrid yang lebih mengandalkan permainan individu kesulitan menembus pertahanan Barcelona.

Azulgrana membuka kemenangan melalui gol Xavi Hernandez menit ke-10. Delapan menit kemudian Pedro Rodriguez menggandakan keunggulan Barcelona. David Villa menambah keunggulan tuan rumah menjadi 4-0 lewat dua golnya menit ke-55 dan 88. Jeffren Suarez melengkapi sukses Barcelona pada menit 90+1.

Madrid harus bermain dengan sepuluh pemain setelah Sergio Ramos mendapat kartu merah langsung karena menendang Lionel Messi menit 90+3.

Dengan kemenangan ini Barcelona menggeser Madrid di puncak klasemen La Liga dengan torehan 34 poin, unggul dua poin atas El Merengues. Madrid sendiri menelan kekalahan pertama musim ini. Berikut ini jawaban Mourinho usai dibantai Barcelona.

Jalannya Pertandingan

Barcelona mendapat peluang pertama melalui Lionel Messi saat pertandingan berjalan enam menit. Tendangan melengkung striker internasional Argentina itu masih membentur tiang gawang.

Camp Nou bergemuruh ketika Xavi Hernandez mencetak gol pertama Barcelona menit ke-10. Berawal dari umpan terobosan Andres Iniesta yang gagal dipotong bek Madrid, Marcelo, Xavi kemudian dengan tenang menceploskan bola ke gawang Madrid tanpa bisa dihentikan Iker Casillas.

Madrid meresponnya melalui tendangan winger Angel Di Maria pada menit ke-12 yang masih bisa ditepis kiper Victor Valdes hingga hanya membuahkan sepak pojok.

Dua jangkar lini tengah yang dipasang pelatih Madrid Jose Mourinho, Sami Khedira dan Xabi Alonso, membuat Barcelona memfokuskan serangan lewat sayap. Madrid yang lebih mengandalkan permainan in sendiri kebingungan menghadapi permainan tiki-taka Barcelona.

Serangan melalui sayap membuahkan hasil bagi Barcelona pada menit ke-18. Sebuah pergerakan David Villa dari sayap kanan Madrid berakhir dengan umpan tarik yang dengan cermat dimanfaatkan oleh Pedro untuk menggandakan keunggulan tuan rumah.

Menit ke-31 terjadi ketegangan antara Cristiano Ronaldo dengan Valdes yang berawal dari tindakan CR7 mendorong pelatih Josep Guardiola karena menolak memberikan bola kepada Ronaldo. Ronaldo dan Valdes akhirnya mendapat kartu kuning.

Peluang Ronaldo menit ke-44 yang masih bisa ditepis Valdes menutup aksi babak pertama. Keunggulan 2-0 untuk Barcelona masih bertahan.

Di babak kedua, Jose Mourinho memasukkan Lassana Diarra menggantikan Mesut Oezil untuk mengimbangi kekuatan lini tengah Barcelona. Namun, permainan umpan-umpan pendek Barcelona masih sulit diimbangi Madrid.

Barcelona menambah dua gol melalui David Villa hanya dalam tempo tiga menit (55 dan 58). Kedua gol Villa tersebut berawal dari umpan terobosan Lionel Messi.

Pemain pengganti, Jeffren Suarez berhasil mencetak gol pamungkas Barcelona pada pertandingan ini pada menit 90+1 memanfaatkan umpan tarik Bojan Krkic.

Madrid semakin frustrasi setelah Ramos mendapat kartu merah langsung karena menendang Messi. Ramos pun sempat mendorong muka Carles Puyol dan Xavi usai mendapat kartu merah.

Susunan Pemain

Barcelona:
Victor Valdes; Daniel Alves, Carles Puyol, Gerard Pique, Eric Abidal; Xavi (Seydou Keita, 87;), Sergio Busquets, Andres Iniesta; Pedro Rodriguez (Jeffren, 87′), Lionel Messi, David Villa (Bojan Krkic, 76′).

Real Madrid: Iker Casillas; Sergio Ramos, Pepe, Ricardo Carvalho, Marcelo (Alvaro Arbeloa, 60′); Sami Khedira, Xabi Alonso; Angel Di Maria, Mesut Oezil (Lassana Diarra, 46′), Cristiano Ronaldo; Karim Benzema.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s