Uncategorized

Tips Aman Berkendara Motor Saat Hujan


Memasuki nama bulan berakhiran -ber (September-Desember) sebagian besar wilayah Indonesia diguyur hujan berintensitas cukup tinggi. Bagi anda yang beraktifitas dengan menggunakan sepeda motor tentunya hal ini cukup mengganggu, terlebih sering terjadinya kecelakaan lalu lintas sewaktu hujan. Berikut saya berikan beberapa tips agar anda aman berkendara sepeda motor di saat hujan.

berkendara motor saat hujan

berkendara motor saat hujan

1 . Pakailah Jas Hujan

Jas Hujan sebagai pertahanan pertama jika anda diguyur hujan saat di perjalanan. Pilihlah jas hujan sesuai dengan selera anda tetapi tetap harus melihat sisi kenyamanan saat digunakan. Jika anda sehari-hari membawa tas gendong , pilihlah jas hujan yang agak besar sehingga tas anda dapat terlindungi.

 

2 . Melaju dengan kecepatan rendah

Hujan yang menguyur mengakibatkan jalanan menjadi agak licin, terlebih jika jalanan yang anda lewati tidak rata. Hal inilah yang sering menyebabkan banyak terjadi kecelakaan seperti motor yang terjatuh. Melaju dengan kecepatan rendah berguna untuk menghindari resiko kecelakaan akibat licinnya jalan.

 

3 . Nyalakan lampu depan

Jarak pandang pengendara ketika hujan pada umumnya menjadi berkurang, hal ini cukup berbahaya jika motor anda melaju di jalanan yang cukup padat. Dengan menyalakan lampu depan, pengendara motor atau mobil di depan anda dapat melihat keberadaan motor anda dari kaca spion yang memantulkan cahaya dari lampu depan motor anda.

 

4 . Setel katup bensin pada posisi setengah

Konsumsi bensin ketika hujan cenderung meningkat di karena ruang pembakaran pada mesin motor menjadi agak dingin sebagai pengaruh dari hujan. Untuk mensiasati agak konsumsi bensin tidak boros aturlah katup bensin pada posisi setengah.

hujan disertai petir
hujan disertai petir

5 . Berteduhlah jika hujan disertai petir

Jika anda memaksa untuk melaju saat hujan disertai petir hal ini cukup berisiko dikarenakan petir bersifat ionik yang cenderung menyambar objek bermuatan netral seperti pohon, besi dan tubuh manusia. Agar anda tidak tersambar petir saya menyarankan anda berteduh sejenak sampai hujan reda.

 

Hal yang harus anda ingat saat berkendara saat hujan adalah tetap utamakan keselamatan dengan mematuhi peraturan lalu lintas yang berlaku. Tetap waspada dan semoga artikel ini bermanfaat.(Mbe)

 

2 thoughts on “Tips Aman Berkendara Motor Saat Hujan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s