My Story

MANFAAT MEMILIKI KARTU MAHASISWA DI JEPANG


Bulan Juli 2009 tepat sudah 4 bulan lamanya saya berada di Jepang. Rasanya seperti mimpi di usia saya yang baru 21 tahun bisa berkesempatan untuk merasakan belajar di Negeri para samurai. Walau sudah empat bulan berada di Jepang dan telah wara-wiri naik kereta api dan berjalan kaki dari apartemen ke kampus, namun saya dan teman saya baru resmi tercatat sebagai mahasiswa dua minggu terakhir ini. Hal ini ditandai dengan telah diikutinya acara enterance ceremony di kampus dan pada saat itu juga kepada kami langsung diserahkan kartu mahasiswa. Waktu itu seorang teman Jepang bernama Dinshi yang kebetulan satu pembimbing menginformasikan kepada saya bahwa dengan kartu tersebut, saya bisa mendapatkan potongan harga untuk beberapa keperluan antara lain ketika ingin membeli software atau buku, begitu pula dengan tiket kereta api. Untuk tiket kereta api dia bilang biasanya diskon mahasiswa akan diberikan untuk harga tiket perjalanan yang cukup mahal. Kabar tersebut tentu saja menggembirakan hati saya walau sebenarnya berita ini sudah pernah saya dengar sebelumnya.

Jepang
Shibuya Tokyo , Jepang

Nah tadi pagi tibalah saatnya saya dan teman saya membayar uang langganan bulanan tiket kereta api untuk jalur apartemen sampai ke kampus. Ini adalah kali keempat kami melakukannya. Selama ini kami tercatat sebagai warga biasa sehingga kami harus membayar biaya langganan yang biasa pula. Tapi tadi pagi kami ingin menjajal keampuhan kartu mahasiswa yang selama ini kami dengar, apakah benar kartu ini sakti atau tidak. Kami pergi menuju counter pembayaran dan memperlihatkan kartu langganan dan juga kartu mahasiswa. Singkat cerita akhirnya tadi pagi kami hanya membayar tiket kereta langganan untuk satu bulan ke depan dengan harga separuh dari biasanya. Suatu potongan harga yang sangat bermakna. Biasanya kami harus membayar sebesar 9.500 yen, maka tadi pagi kami cukup membayar senilai 4.570 yen, lumayan besar juga potonganya.

Saya jadi berfikir seandainya di Indonesia juga berlaku hal yang sama. Tentu beban pendidikan yang harus dikeluarkan oleh masyarakat menjadi lebih ringan. Hari ini saya  merasakan salah satu kesaktian kartu mahasiswa di Jepang. Tapi sayang 8 bulan lagi saya harus kembali lagi ke tanah air. Tapi sementara waktu saya akan menikmati kenyamanan-kenyamanan yang diberikan oleh Jepang…Arigato Gozaimasu Nippon. (Mbe)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s