Travel & Photography

Mengupas Fotografi Kontes……..


Buat apa sih beli kamera?????

Bagaikan sayur tanpa garam dan bagaikan odong-odong tanpa upin-ipin (lho…) kalo punya kamera DSLR tapi cuma dipake motret yang biasa aja. Sayang kan beli kamera DSLR Pro , mahal2 kalo cuma dipake motret biasa, trus apa bedanya sama motret pake camdig biasa atau kamera Hp. Fitur-fitur pada kamera DSLR dapat lebih dieksplorasi ,sehingga gambar yang dihasilkan dapat lebih baik. Tentunya hal ini tidak mudah dibutuhkan ketekunan dan kesabaran untuk memahami dan menguasai teknik dasar memakai kamera DSLR (Klik Disini).

Untuk mengasah skill dan insting fotografi tentunya dengan rajin berlatih menangkap objek. Untuk lebih meningkatkan skill  memotret , sebaiknya anda mencoba untuk mengikuti kompetisi foto. Berdasarkan pengalaman saya bergerilya di berbagai kompetisi ada beberapa jenis kompetesi yang bisa anda ikuti. SEtiap kompetisi foto memiliki perbedaan , saya akan mengelompokannya , klo salah2 maaf ya ini berdasarkan pengalaman aja.

1 . Photo Concept Competition
Motret objek pake konsep , kompetisi sering bgt    diadain , simple aja peraturannya, kita akan dikasih konsep foto , tinggal kita mencari objek yang cocok sama konsep tersebut. Misalkan kompetisi dengan konsep green living , objek apa yang akan difoto. Klo saya milih buat motret orang yang lgi makan pake sendok dan piring dari daun pisang .. masih bisa disebut green living juga kan!

2 . Relly Photo
Dari asal katanya Relly… yang terbayang adalah lomba mobil kan. Yups bisa juga disebut gitu , relly foto sama halnya seperti relly mobil. Anda akan diberi beberapa petunjuk yang harus anda artikan maksud jawabannya, nah jawaban itulah objek yang harus anada foto. Pusing kan nih saya kasih contoh , salah satu petunjuk relly photo yang pernah saya ikuti di Dunia Fantasi :

a . Kuda dan Gajah berdiri bersamaan
b . Bergumul menuju satu arah
c . Pergi tak beranjak hanya berdiam
d . Tersenyum tanpa henti
e . Keriangan dan tangis disekelilingnya
f . Berdiri gigih diantara sesamanya
g . Malam menjelang bergerak bersama cahaya

Coba anda tebak apa objek yang dimaksud …(jawabannya : mention me @rimba_rusli)
yups Benar….jawabannya Komidi putar. Inilah yang disebut relly photo. Kita diharuskan untuk berfikir dan muter2 nyari objek, lumayan cape kayak abis balapan. Oh ya lomba ini juga ada timernya, jadi anda harus berkejar2an sama waktu.


3 . Modeling Photo Contest
Jenis lomba photo ini banyak banget , simple bgt , kiat cuma motert model yang sudah ditentukan oleh panitia lomba. Di Bandung yang paling sering adalah motret Costplay , model cantik & kendaraan. Lomba photo ini cocok banget buat photograpfer pemula , tinggal jepret aja kan , tapi disinilih kemampuan setting kamera anda diuji. Dari mulai
setting diagframa . lightmeter . fokus Dll. Ga mungkin donk kita motret biasa aja.

Lomba2 diatas cuma sedikit dari berbagai lomba foto yang ada, lumyankan buat nambah2 pengalaman & nambah skill motret. Thanks Bro Sist , udah baca artikel ini, i hope it can be usefull for you.(Rimba_rusli).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s