My Story

Tips Mengerjakan Skripsi……


“Kaka dah sampe mana skripsinya????”

 

Pertanyaan yg menyentuh relung hati nurani terdalam (:p). Owh perjuangan kuliah selama 9 semester harus dilunasi dengan pembuatan buku setebal 100 halaman berwarna kuning , dengan cover lambang universitas Padjadjaran bertuliskan

….”In this book has been Rest in Peace the brain from Rimba Anggara Rusli”….

Biasanya problem yang sering timbul pas ngerjain skripsi (pengalaman pribadi) adalah skripsi kok g beres2 yaa. Hal ini juga g cuma saya alami tapi banyak dialami oleh teman2 seperjuangan saya. Yach kaya teman saya Aris yang skripsi ditolak pas mw sidang (Kasian bgt sampe nyaris fustasi dan mencoba bunuh diri dgn makan baso campur boraks) , Adit Ona2 yang harus belajar bab turbulensi fisis di kampus tetangga (ITB) selama 3 bulan , Ifan yang tiap bimbingan di marahin terus , Mey gadis kesayangan Pak Nendi pas bimbingan mlah curhat….dan Diriku yang rajin ngelantur asal ngomong waktu bimbingan (:p).

Sharing pengalaman aja yuks, saya mulai start mulai ngerjain skrispsi dari bulan Agustus. Dimulai dari milih materi yang mw diangkat , spesifikasi materi , nyari contoh kasus & terakhir menyusun konsep dasar skrpsi. Memang cukup pusing juga coz saya mulai dari O bgt, g kyak beberapa teman saya yang disuruh pilih materi bwt skripsi. Perjuangan berfikir , berpusing-pusing ria , mata kunang2 dimulai. Waktu memang cepat berlalu g terasa udah msuk oktober tapi skripsi masih lari ditempat alias blm ada progress yang berarti , sampe2 waktu bimbingan dosen saya Dr Cukup Mulyana ngomong “kemana aja baru keliatan???”…ampun malu bgt. Disinilah kemampuan analisa proses saya diuji (Ccciieee…) ternyata setelah dianalisa knapa skrispi saya belum ada progress adalah :

1 . Banyak mikir tapi hasilnya ga ditulis
2 . Jarang bimbingan, kebanyakan mikirin konsep sendiri
3 . Skripsi dikerjain seinget n seenaknya (tergantung Mood)

Hhhhuuufffftttt akhirnya demi kelangsungan pendidikan akhirnya saya berubah dan mulai menyusun rencana. Berikut sedikit gambaran yang sudah saya lakukan dari minggu kedua bulan November untuk mempercepat progress skrispi saya.

1 . Bersikap Konsisten
Ini kuncinya , harus konsisten ngerjain n mikir buat skripsi. Hal ini rutin saya lakukan stiap hari (jgn mikir kalo saya seharian cuma dpan laptop ,,,g juga kali). Setiap hari (senin-jum’at) saya meluangkan waktu selama kira 2 jam buat ngerjain skripsi. Pagi dari jam 9-10 malam 10-11 , ditengah padatnya aktifitas di kampus dan studio. Ternyata hal ini cukup efektif, buktinya skrispsi saya sudah masuk bab 5.

2 . Fokus (Be Focus On What You Want)
Maksudnya adalah pas ngerjain skripsi , pikiran kita harus bener2 total belajar , jangan ada kepikiran bwt maen game , mikirin utang , mikirin pacar yang rese (curhat :p…). Pokoknya total , biarin pusing-pusing juga , mendingan pusing gara2 belajar daripada pusing gara2 g ngerjain skripsi.

3 . Rajin bimbingan
Hari Buat bimbingan biasa saya sebut “Judgement Day On Saturday” karena dihari inilah saya harus melaporkan perkembangan skripsi. Bimbingan skripsi setiap sabtu di kampus Unpad di Jln Dago4 jam 12-15, biasanya saya berada di urutan ke3 setelah Mey , Adit. Rajin bimbingan sangat penting karena seringnya kita ketemu dosen pembimbing, arah skrispi kita akan lebih terarah sekaligus latihan adrenaline n & nanggung malu kalo pas bimbingan dimarahin gara2 salah trus.

4 . Diskusi & sharing sama partner
Ini yang sering saya lakukan bersama adit , aris , mey & anna. Sedikit diskusi sebelum bimbingan, nongkrong di kampus dari jam10 di kantin ditemani teh botol sosro , kripik , wifi , laptop dan setumpuk buku “The Fundamental of Physic Engineering”,”Chemical & safety Process” and many more. Diskusi & sharing berguna bgt coz disinilah tempatnya berbagi ilmu n pengalaman, contohnya waktu bimbingan kemaren c aris nerangin konsep degrdasi tekanan fluida pada pipe berongga , neranginnya mantep bgt nyampe berapi-api , ilmunya lumayan bgt bwt tambahan di skripsi saya.

5 . Sediakan waktu bwt refreshing
Refresh your brain…Abis bimbingan , beres jam3 sore biasanya saya bareng mey atw anna, muter2 di IP sambil ngelepasin tekanan batin (ckckc….). Krasa bgt abis jalan sama temen, otak serasa di charge kembali.

Hal diatas konsisten saya lakukan selama 5 bulan , hasilnya lumayan , progress skripsi saya cukup meningkat….

Mudah-mudahan bermanfaat yaaa …..
Terus berjuang Kawan
Hidup MAHASISWA….
(@rimba_rusli)

9 tanggapan untuk “Tips Mengerjakan Skripsi……

  1. Thx banget kak.. Smua yg kakak tulis sedang ku alamin.. Thx bgt msukan kakak.. Aku brasa banget kena na, kata2 kakak nyadarin aku banget..

    Suka

  2. kakak, aku juga sedang skripsi, nama aku claireen, perbanyak ibadah kpd tuhan dan selalu berdoa spy lncar semua.. Amin.. semangant kakak

    Suka

  3. wah aku serasa ngaca ngeliat tulisan kaka ini..hehe
    ngakak bacanya sekaligus miris n ngingetin kalo aku jg hrs berubah,
    thnks ka info nya 🙂

    Suka

Tinggalkan komentar