Uncategorized

To Be Stand-Up Comedy….Comic


A : “Neng bapak kamu tukang ojek ya???
N : “kok Tau!!!”
A : “Karena dia telah mengantar hatimu ke hatiku”

Hahahaha …. sedikit rayuan gombal ala OVJ , sederhana tapi mengundang tawa. Bagi anda yang sering melihat tayangan OVJ tanpa disadari rayuan gombal ala andre dapat disebut juga sebagai komedi spontan (Joke). Hal seperti ini sering kali saya beberapa teman lakukan ketika berkumpul di taman kampus , kami saling melempar cerita yang bisa mengundang tawa. Hal ini pun sring saya lakukan ketika berdua dengan pacar , saya sering bercerita tentang hal apapun , sehingga pacar saya tertawa sampai sakit perut (hehehe tega bgt gw). Ini sedikit contoh saya bercerita tentang apartemen the Edge di Baros Cimahi.

Rimba (R) : “G enak tw kalo punya apartemen , udah mahal , tempatnya tinggi bgt lagi”
Ega (E) : “ahh kamu aja mentalnya orang susah”
R : : ” Bbbeeeuuuhh pikir aja , misalnya ni lo punya tinggal di apartemen lantai 7, trus lo pengen baso , tukang baso tu lewat , lo pasti teriak kan “MANG BASO!!!!!” …
E : “gila lo teriak2 kaya di hutan….”
R : “Eeehhhh klo tiukang basonya denger kan enak bisa langsung dibuatin , coba klo g denger , lo g bsa makan baso….tapi coba klo tukang basonya denger suara lo samar ….”woi BASO” tukang Baso bilang “Mana yg manggil gw”….lo teriak “Woi BASO SINI ATAS LO”….trus tukang baso ntar brenti sambil nyimpen gerobak baso , ngdadak tukang basonya sujud sambil ngomong ” OH Tuhan secepat inikah kau memanggil nyawaku…..”
E : “….%$#%^&#@$%^&)(*^&%^^*()(&*^&* Gila lo…..”

Ide yang spontan untuk bikin pacar saya tertawa, hhhmmm terinspirasi melihat acara stand up comedy show di KompasTV dan MetroTV, saya akan memberikan tips bagaimana nge-joke depan orang ala Rimba dan Raditya dika. Bukan maksud apa2 lumayanlah untuk mencairkan suasana tegang atau untuk dipraktekan pas PDKT sama cwe (hahaha…#galau#)

1 . Konsep yang lebih matang tapi sederhana
Seperti yang saya tunjukan diatas ide untuk membuat suatu comedy berawal dari ide yang sederhana. Untuk membuat joke ringan , cari sisi yang bisa dijadikan komedy dan mainkan imajinasi anda.

2 . Pengaturan artikulasi bicara
Atur nada dan kecepatan bicara , g enak juga kali pas nge-joke ternyata ngomongnya terlalu cepat , jadi g kedengeran. Mulai joke dengan nada bicara yang biasa lalu sedikit cepat keika mendekati inti joke lalu kembail pada nada bicara yang biasa. See this video

3 . Bermain dengan asosiasi yang sedikit nakal
gw pernah punya pacar yang suka bgt sama kucing , gw tanya
R : “Ay lo aneh bgt deh napa sih ska bgt sama kucing???”
D : “Sayang kmu liat dong Cleo (nama kucingnya) deh, dia tuch lucu, bulunya banyak , badanna gemuk , ngegemesin bgt”
R : “Ay kmu liat juga aku dong , aku juga punya bulu tapi ditempat yang lain”
D : “Eeeemmmmhhhhhh mulai gila…….”
Contoh diatas ….. simpulin sendiri …gw jga kadang bingung…

Tips kecil dan moga aja bisa bermanfaat bagi lo semua. Praktekin n kreatif ngejoke tapi yang pasti jangan sampe nyinggung perasaan orang lain n NO RAsIS , No SUKUISME. (@Rimba_rusli)

Tinggalkan Balasan

