Photography Tips

FOTOGRAFI = SAYA JENUH……TIPS MENGATASINYA……


“JENUH = TIDAK KREATIF = TIDAK PRODUKTIF” Hal ini yang pernah saya alami sekitar 2 bulan diakhir tahun 2011. Bagi saya fotografi bukan hanya sekedar hobi tetapi sudah menjadi salah sumber pemasukan membiayai kuliah & kehidupan sejak tahun 2006. Kreativitas yang menjadi mesin produktivitas …. MANDEG TOTAL …..hasilnya berbanding lurus dengan MANDEGNYA produktivitas saya dalam berkarya & bekerja.

Mandegnya kreativitas berarti pekerjaan agak terganggu. Klo dipikir-pikir praktis saya jadi pekerja tidak produktif & juga sayang bgt klo kamera dan lensa yang sudah saya beli dengan lumayan mahal teronggok begitu saja. Belum lagi kalau kita pikir-pikir hobi fotografi merupakan acara refreshing yang bisa menyegarkan pikiran supaya lebih optimal.
536799_3717329543710_1001332047_n
Tapi bagaimana caranya? Nah ada beberapa hal saya lakukan yang bisa anda coba.

Kombinasikan memotret dengan hobi terbaru.

Kalau anda sedang keranjingan dengan hobi baru, bersepeda misalnya, kenapa tidak anda coba padukan fotografi dengan acara bersepeda anda? Bawalah kamera dan lensa yang kira-kira tidak terlalu membebani sembari anda berkeliling dengan sepeda anda, saat anda menemukan obyek menarik, fotolah.

Kembali ikut komunitas fotografi

Memotret sendirian bagi sebagian orang lebih mengasyikan dibandingkan dengan hunting bareng-bareng, namun apa salahnya anda mencoba sesekali bergabung dengan komunitas foto. Ikutlah acara hunting bersama dan nikmati. Saling berbagi trik dan tips atau malah saling mengomentari karya foto masing-masing (secara konstruktif) seringkali adalah cara ampuh menemukan kembali keasyikan memotret. Hal ini cukup bermanfaat bagi saya, untuk menambah ilmu dan mencari suasana baru.

cropped-img00249-20120421-1458.jpg
Lihat sekitar kita

Mindset bahwasanya obyek menarik haruslah dicari terkadang menyesatkan, apa yang ada disekitar kita bisa saja menjadi obyek menarik yang justru sering kita lewatkan. Barang-barang sederhana yang ada dirumah asal kita kreatif justru seringkali menghasilkan foto yang bagus. Kenapa tidak anda coba potret Ibu , Adik atau keponakan anda, lumayan biar otak ngak jadi beku :p.

Kunjungi pameran foto (amati karya foto fotografer profesional)

Melihat hasil karya fotografer profesional bisa jadi menumbuhkan kembali inspirasi kita. Kunjungi pameran foto (lumayan jarang sih) yang ada di kota anda, dan amati karya fotografer yang ditampilkan. Kalau pameran foto jarang anda temui lihat aja foto-foto yang ada dipapan iklan dijalan, situs-situs fotografi, lembar majalah/koran serta sampul buku adalah kumpulan karya fotografer profesional.

 Jangan terlalu dipikirkan

Seringkali kita terlalu terbebani harus mencari obyek foto yang bagus, harus mencoba teknik tertentu, harus tepat eksposurnya, harus ini harus itu. Kenapa harus? tidak perlu membebani diri dengan beragam keharusan. Kreatifitas justru mengalir saat kita benar-benar membuka kran tanpa dibatasi apapun. Arahkan lensa anda, jepret apa yang ingin dijepret dan sisanya biarkan mengalir begitu saja.

Kurangi kegiatan mengedit foto

Karena ingin mencapai efek olah digital tertentu, terkadang saya menghabiskan sebagian besar waktu didepan komputer. Ngak adil rasanya memotret selama 1 jam dan mengedit di photoshop selama 3 jam. Cobalah dibalik proporsinya, habiskan waktu memotret, dan biarkan foto anda tidak banyak tersentuh photoshop. Kebanyakan nongkrong didepan komputer bisa membuat kita bosan dan kehabisan inspirasi.

 Mengajari Orang Lain

Ilmu itu paling enak untuk dibagi, mengajari orang lain memang bkin kesel tapi mengasyikan. Ketika jenuh saya mencoba mengajari 3 orang (2 adik @garmania_relly @Marsha_andria & 1 teman @nnaialevskii), ribet juga karena mengajari orang yang benar2 tidak tahu apapun tentang fotografi. Ngajarin dari cara megang kamera , setting kamrea, teknik dasar ….. wow lumayan menguras energi. Dengan mengajari orang lain, kita akan kembali merefresh ilmu yang ada. Hal inilah yang menjadi “Obat paling mujarab” karena tingkat jenuh saya berkurang dan kreativitas saya mulai kembali.

Thanks for read my article, i hope it can be useful for you.

So let’s capture the moment, be creative and believe…… (@Rimba_rusli)

One thought on “FOTOGRAFI = SAYA JENUH……TIPS MENGATASINYA……

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s