Travel & Photography

MALAYSIA – SINGAPORE – INDONESIA – AWESOME JOURNEY PART 1


Finally….. Alhamdulillah, menantang dunia luar dengan ber backpacker-an ke luar bumi Indonesia terwujud. Berbekal catatan info dari Mbah google dan buku travelling plus budget minim, akhirnya saya memberanikan diri utk berangkat backpacker-an selama 4 hari 3 malam ke Malaysia dan Singapore (Planningnya). Tanggal 10.11.12 dipilahi sebagai angka cantik memulai pertualangan Gila ini. Pertualangan dimulai berburu tiket online pada bulan agustus 2012 untuk keberangkatan di awal November 2012 ini. Ternyata mencari tiket untuk bulan November tidak semudah yg dibayangkan. Semua tiket sudah full booked. Tapi Alhamdulillah akhirnya berhasil mendapatkan tiket Jakarta-Kuala Lumpur dg basic price Rp. 359.000 dari AirAsia untuk keberangkatan tanggal 10 November 2012 pukul 08.35 pagi. Tapi setelah ditambah biaya full surcharge, biaya bagasi, biaya pesan tempat duduk,dll totalnya membengkak jadi 500rb-an. Gak apa-apa deh yang penting impian terlaksana, Oh ya saya pergi cuma berdua dengan teman seperjuangan Dian Ayu prawita.

Oya, rute perjalanan saya adalah Bandung – Jakarta – Kuala Lumpur – Singapore – Jakarta – Bandung . Semuanya via AirAsia dan tentu saja cari tiket via promo dan total biaya yg kami keluarkan per orang untuk biaya 3 rute perjalanan tsb sekitar 1,3 jt-an/org . Tadinya untuk rute KL-Singapore kami berencana naik bus seperti saran dari buku traveling ala backpacker, tapi setelah dipikir-pikir lagi ternyata harga tiket bus tidak jauh berbeda atau bahkan ada yg sama dengan harga tiket pesawat promo. Selain itu, perjalanan dengan bus memakan waktu yg lumayan lama yaitu sekitar 4-6 jam , GILA bisa mateng di jalan jadi akhirnya mendingan naik pesawat lagi.

Tips dari saya, untuk lebih efisien jangan bawa barang terlalu banyak (max.7 kg) supaya bisa masuk kabin dan ngak perlu ngeluarin biaya untuk bagasi.. Dan kalau pun harus pakai bagasi, mendingan pesan online. Karena lumayan banget selisihnya. Untungnya barang bawaan kami tidak terlalu banyak (5 kg) jadi ngak usah bayar bagasi , yang paling berat tuh isi ATM kita berdua yang isinya nyaris jutaan dollar……hahahaha

And finally this is the detail our journey

images

Hari ke-1 (Sabtu Dini hari , 10.11.2012) :

Kami berangkat menuju airport dari BSM menaiki bus travel pukul 12 malam dengan tas ransel di punggung.. ala backpacker banget deh! hhe.. dan sampai di bandara sekitar pukul 6. Setelah check-in dengan membayar airport tax sebesar Rp.150.000 serta melewati imigrasi, kami menunggu 2 jam di ruang tunggu untuk boarding. Lama bgt ya dan saya tertidur cukup pulas.. Tapi ga apa-apa lah yg penting sudah sampai airport. Eh ternyata terminal 3 Soeta yg baru itu bagus juga lho..hehe.. Baru pertama kali masuk sini soalnya, biasanya di Terminal 1.

Oya, kalau mau ke LN jangan bawa minum atau buah-buahan ya . Sudah pasti di ambil sama petugas . Oya, botol air mineral kosong juga ga boleh. Soalnya waktu itu dian membawa air mineral bermerek yg udah kosong ternyata tetep ga dibolehin sama petugas . Walaupun kita keukeuh bilang kalau ini cuma botol kosong tapi tetep aja ga boleh. Jadi, bawa tempat air minum biasa aja ya..

images

Akhirnya kami terbang juga ke Kuala Lumpur (KL). Penerbangan ke sana memakan waktu sekitar 2 jam. Sampai di Bandara LCCT KL pukul 11.30 waktu setempat karena perbedaan waktu dengan Jakarta sekitar 1 jam lebih dulu di KL. Adzan dzuhur di sana sekitar pukul setengah 2, saya langsung sholat dzuhur pertama di KL. Kami langsung naik Aerobus berwarna kuning yg mangkal tidak jauh dari pintu keluar LCCT untuk menuju KL central, biayanya RM 8 / orang. Bus nya mirip-mirip patas AC lah kalau di Jakarta. Perjalanan ke sana memakan waktu sekitar 1 jam. Sepanjang jalan kami melihat hamparan perkebunan sawit.

Sampai di KL central kami membeli tiket terusan Bus Hop on Hop off yang memang diperuntukkan untuk turis. Harganya RM 38 dengan masa berlaku 24 jam. Dengan menaiki bus tingkat ini, kita tidak perlu bingung karena bus ini akan membawa kita ke seluruh tempat wisata dan pemberhentian penting di Kuala Lumpur. Selain itu bus ini juga menyediakan tempat duduk tanpa atap di lantai 2 jadi kita bisa puas menikmati kota Kuala Lumpur berteman angin sepoy-sepoy😀 Kebanyakan yg naik bus ini tu para bule2, jarang yg turis Asia kayak kita😀 ga tau jg kenapa begitu? Oya, kita juga dikasih peta perjalanan bus ini. Ini sangat memudahkan kita untuk mengetahui di titik mana seharusnya kita turun untuk mengunjungi tempat yg kita tuju, serem juga kalo nyasar…..

526333_3891362844374_1762090181_n

Oya, berhubung kami harus mengikuti rute memutar dulu sebelum ke titik pemberhentian yg kami tuju di mana penginapan kami berada, akhirnya kami memutuskan melihat-lihat sekeliling kota Kuala Lumpur dulu skaligus berfoto-foto dengan membawa tas ransel besar di punggung.. (backpacker sejati)

Mulai dari istana negara, masjid negara, dataran merdeka, KL tower, petronas twin towers, dll.

604041_3891364804423_1781309120_n

Sampai akhirnya titik pemberhentian yg kami tuju tiba, yaitu Jalan Tengkat Tong Shin. Penginapan kami hanya berjarak sekitar 10m dari tempat pemberhentian hop on hop off (asik kan..) .

Setelah berputar-putar kami tiba di penginapan sekitar pukul 5 waktu Kuala Lumpur. Kami menginap di Anjung KL Guest House. Karena kami berdua, kami menyewa double room seharga RM 50 / malam. Kami tinggal di sana selama 2 malam. So, per orang kena biaya RM 50. Tempatnya seperti wisma, di mana terdapat banyak kamar, dan kamar mandi di luar, selain itu air minum dan televisi tersedia juga di luar. Tapi lumayan ada wifi juga kalau mau ol tanpa roaming hhe… Walaupun kamarnya tidak besar, tapi tempatnya bersih. Cukup nyamanlah untuk para backpacker yg cuma numpang tidur kalau malam. Dan untungnya kamar kami dekat dengan kamar mandi dan dapur. Jadi, berasa rumah sendiri. Berhubung belum makan, kami mengganjal perut dengan makanan kebanggaan Indonesia Pop Mie (hahahahaha…..). Untungnya di depan penginapan kami ada restoran India yg menjual makanan halal. Akhirnya kami memesan paket nasi kari+ ayam+sayur+ teh manis seharga RM 5,9 . Oya, kalo mau pesen es teh manis, bilangnya ais tea O , karena kalau bilang cuma ais tea nanti dikasihnya es teh tarik..

Setelah selesai makan, kami beranjak menuju central market (pasar seni) untuk membeli oleh-oleh. Di sini banyak yg menjual aneka soevenir, coklat khas Malaysia, pakaian, dll. Harga yg ditawarkan jg cukup terjangkau.

Dari tempat ini kami janjian dengan temannya teman kami yg kerja di KBRI di Malaysia.

Dia mengajak kami foto ulang di Petronas tower. Karena katanya lebih bagus kalau malam. Jadilah, kami foto 2x di sana. Setelah itu kami di ajak makan roti khas India seperti roti canai, roti tisu, roti telor, dll.

532319_3890925113431_1669220901_n

Lalu, dari situ kami beranjak ke Look Out di wilayah Ampang,KL. Di sana kita bisa melihat indahnya kota kuala lumpur pada malam hari dari ketinggian. Sambil makan steamboat yg rasanya mirip-mirip somay tapi penyajiannya di tusuk seperti sate. Setelah kenyang, kami pun kembali ke penginapan.

Kisah selanjutnya di next posting…..So keep read this blog…….. (@Rimba_rusli)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s