Uncategorized

Tips Membeli Modem GSM / CDMA


Share pengalaman membeli modem , sekitar 1 bulan yang lalu adik saya meminta saya untuk menemani membeli modem untuk keperluan kuliah. Dikarenakan adik saya mengambil kuliah lagi di Universitas Terbuka Bandung, dimana 80% kuliah & tugas dishare via website UT. keliatany asik kan kuliah cuma via website , tapi liat aslinya …..ampun deh ribet bgt. Tugasnya banyak , tutorial yang menyita waktu, klo buat yang ngak ada kegiatan lain mungkin santai2 aja. Adik saya lumayan keteteran buat ngtur waktu coz harus sembil kuliah d3 di Politeknik Negeri Bandung , bekerja paruh waktu membantu saya di studio design & foto (ribet bgt,gw aja yang kuliah di UNPAD & kerja di studio….udah keteteran bgt). Walaupn dirumah saya pun menggunakan Modem AT&T menggunakan kartu M2 Unlimited tetap saja  saya harus membeli modem lagi, jadi ngak rebutan sama adik. Hari libur sabtu , saya bersama adik pergi ke BEC salah satu pusat electronic & komputer terbesar di kota Bandung. Setelah tanya sana-sini pilihan saya jatuh pada paket modem HSUPA ZTE 695 + kartu 3 Unlimited. Saya beli lalu dicoba di rumah…owh hasilnya .. ampun!!!!!,jauh dari harapan, browsingnya lama , upload & download apalagi , akhirnya kembali rebutan modem lagi. Lumayan ribet karena saya mulai banayk pekerjaan yang mengharuskan saya tetap terhubung online dengan internet. Akhirnya saya memutuskan membeli modem lagi untu yang kedua kalinya , kali ini saya membeli modem CDMA Smartfren yang katanya anti lelet (hehehe…).Setelah dipakai lumayanlah koneksinya klo buat sekedar browsing. Klo dihitung-hitung buat beli modem aja say menghabiskan biaya sekitar 500 ribu (Modem HSUPA ZTE 695 + kartu 3 Unlimited Rp 269.000 , Modem CDMA Smartfren Rp 199.000) terasa mubazir & kurang efektif. Berkaca pada pengalaman saya berikut say berikan sedikit tips sebelum anda membeli modem , biar yang terjadi seperti saya (beli modem 2 kali) :

1. Periksa jaringan internet  yang cukup kuat di lingkungan sekitar rumah
Ini penting dilakukan , cara mengecek jaringan yang kuat cukup mudah. Anda bisa menggunakan blackberry ,android atau Handphone 3G dengan mengecek sinayl di handphone anda. Atau bertanyalah pada tetangga yang berlangganan fasilitas internet. Tapi menurut pengalaman saya menggunakan modem internet ada 3 provider yang jaringannya cukup baik yaitu Indosat M2 , Smart Fren & Telkomsel , silahkan pilihan ada di tangan anda

2. Coba menggunakan modem
Maksudnya cobalah pinjam dari teman atau tetangga anda yang menggunakan modem , jika koneksi internetnya cukup baik ,ada baiknya anda membeli modem & kartu yang sama.

3. Lihat kebutuhan internet
Hindari penggunaan internet yang tidak sesuai kebutuhan walaupun harga pekt perbulan sudah cukup murah tetap saja anda hrus lebih efektif dalam menggunakan internet. Berikut saya berikan contoh perbandingan kebutuhan internet saya & adik saya

Saya menggunakan kartu M2 layanan paket Rp 200.000 , setiap hari digunakan untuk layanan download , Microsoft outlook, Amazon , Odesk design , Dropship , Transfer gambar, video & telpon via Skype , Googling ,  CCTV Checker Studio , WordPress, Gmail & Etc

Adik saya menggunakan Smartfren layana paket Rp 50.000 , setiap hari digunakan untuk layanan download , Googling , Yahoo , Situs kampus ,wikipedia ,  Facebook , twitter , etc

Terlihat jelaskan perbedaan kebutuhannya , jika anda menggunakan internet hanya untuk sekedar browsing sebaiknya gunakanlah layanan yang paling standar.

4. Bijaklah dalam membeli
Sesuaikan kebutuhan & budget  anda , jangan mudah tergoda untuk membeli barang yang tidak perlu.

Semoga bermanfaat , thank’s for read my article (@Rimba_rusli)

 

Tinggalkan Balasan

