Photography Tips

Fungsi Payung Light Dalam Fotography


Payung adalah alat yang dapat membantu anda yang serius dalam dunia fotografi. Secara khusus payung ini membantu anda dalam mendapatkan gambar yang profesional. Dengan menggunaka payung, cahaya akan menyebar sehingga memungkin kan anda untuk mencapai pencahayaan lembut dalam foto anda. Jadi, payung tidak membiarkan cahaya secara langsung untuk fokus pada objek, tetapi payung memantulkan cahaya dan menyebarkan nya. Hasilnya adalah gambar yang lebih jelas dengan bayangan lembut atau tidak ada bayangan sama sekali.
Pada dasarnya, ada dua warna payung yang dapat anda gunakan pada saat pemotretan.
 Yaitu, Hitam/ perak dan putih. Masing-masing memiliki fungsi yang berbeda. 
Payung putih biasanya digunakan untuk fotografi indoor. Untuk menggunakannya, anda harus menembak cahaya secara langsung melalui payung untuk mendapatkan gambar yang lembut. Ada juga teknik lain yang harus anda ingat. Untuk menghilangkan bayangan, anda harus menempatkan payung dalam posisi yang akan menempatkan bayangan dibelakang objek anda.
Payung hitam/ perak berfungsi untuk mencerahkan objek anda. Payung ini adalah kombinasi antara hitam pada bagian luar dan perak pada bagian dalam. Dengan jenis payung ini, cahaya langsung mengarah pada bagian perak, sehingga mencerahkan objek. Meskipun cahaya diarahkan pada objek, payung membantu untuk mendapatkan gambar yang bersih.
Untuk gambar lebih cerah, teknik terbaik adalah dengan menggunakan kombinasi antara payung putih dan hitam/ perak. Ini akan memungkinkan anda untuk menghilangkan bayangan dan membuat objek akan terlihat bercahaya. Tips yang baik adalah dengan menggunakan payung hitam/ perak sebagai sumber utama cahaya dan kemudian menggunakan payung putih untuk menyebarkan cahaya untuk mendapatkan gambar yang lebih lembut.
Sangat penting untuk dicatat, bagi anda yang ingin gambar-gambar hasil jepretannya terlihat lebih kreatif, hanya menggunakan flash built-in bukanlah ide yang baik. Alasannya adalah bahwa hal itu dapat menciptakan bayangan dan dapat membuat objek akan terlihat satu dimensi. Tetapi jika anda mencoba memindahkan sumber cahaya dari objek anda dan gunakan payung atau jenis lain dari diffuser, anda dapat menciptakan cahaya lembut dan mencapai foto yang lebih jelas.
Perlu diingat bahwa ukuran objek dan sumber cahaya mempengaruhi kerasnya bayangan. Dengan kata lain, cahaya keras adalah hasil dari objek kecil dan sumber cahaya kecil sementara lightsource besar akan memberikan cahaya lembut pada objek anda. Jika anda senang menghemat energy, anda dapat  menggunakan LED dan neon. Alat ini adalah alternatif yang bagus untuk hot light dan sangat ideal untuk video HD dan digital stills.(Rimba_rusli)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s