Rimba Photoshoot

Menjadi Wedding Fotografer


Jalan untuk menjadi fotografer profesional bukan jalan yang mudah. Harus diperlukan kerja keras , skill memadai , kreatifitas & sedikit faktor “luck” . Bagi fotografer pemula tentunya sebuah impian jika dipercaya mengerjakan proyek pemotretan model atau artis. Banyak fotografer sebelum menjadi profesional, mengasah kemampuan dengan berbagai profesi yang berhubungan dengan fotografi, salah satu menjadi wedding fotografer. Diawali dari profesi ini kebanyakan fotografer memulai merinitis menuju profesional. Secara pribadi saya pun pernah menggeluti profesi ini selama setahun dari 2009-2010, sampai akhirnya benar2 menjadi profesional seperti saat ini.

img003

Sebagai seorang fotografer pemula dan belum memiliki pengalaman apabila hanya sekedar menjadi fotografer objek yang tak bergerak seperti pemandangan, tentunya pengalaman bukanlah hal cukup penting. Hal ini karena objek foto kita tidak bergerak, sehingga kita bisa mengambil foto berulang kali sekiranya hasil yang anda dapatkan kurang memuaskan. Tapi, apabila ingin menjadi fotografer pernikahan, tentu saja kita harus melakukan meminimalisasi kesalahan sekecil mungkin. Untuk itu diperlukan skill yang memadai serta pengalaman yang cukup agar foto pernikahan diambil tidak mengecawakan. Ketika harus dihadapka pada kesempatan pertama sebagai wedding fotografer ada beberapa tips yang bisa anda lakukan agar hasil foto tidak mengecewakan.

Pertama, imbangi kemampuan yang anda miliki dengan melihat contoh hasil foto pernikahan dari berbagai studio, misal New life photography, yang bisa ditemukan di buku fotografi atau pun di internet. Contoh foto tersebut akan sangat membantu agar kita memiliki referensi tentang bagaimana harus mengambil foto yang tepat. Setelah mendapatkan referensi foto yang cukup, kita perlu menambah wawasan mengenai berbagai style pasangan pengantin. Ada banyak sekali style dan kita perlu mengetahui hal-hal tersebut bila ingin menjadi fotografer pernikahan yang baik. Dengan memahami style pasangan pengantin, itu akan memudahkan ketika harus mengambil foto dengan pose yang bagus. Lalu mulailah praktek sebagai wedding fotografer. Ketika anda akan mengambil foto dalam suatu pernikahan, anda perlu melakukan persiapan awal, biasanya yang sering saya lakukan yaitu datang 2-3 jam sebelum acara dimulai. Maksudnya biar dapet makanan lebih banyak hahaha…bukan bro ,saya biasa mencari & memotret lokasi yang bagus, biar ide buat motret nantinya dipancing lebih awal. Selain itu juga bisa bat mengatur lighting dan property lainnya secara lebih leluasa.

jasa-fotografer-prewedding-wedding-candid-pernikahan-murah-dan-berkualitas-daerah-yogyakarta-semarang-2

Apabila masih belum benar-benar yakin, kita bisa mengajak rekan/teman yang sudah berpengalaman sebagai fotografer profesional. Dalam hal ini, kita bisa memposisikan diri bukan fotografer utama, tapi lebih sebagai partner, sehingga bisa belajar dari rekan/teman kita. Dan yang terakhir, bersiaplah menghadapi situasi yang tak terduga. Oleh karena itu, tetap asah kemampuan & perbanyak jam terbang memotret.

Sekian aja & Makasih bro , moga bermanfaat ……
So let’s capture the moment, be creative and believe…… (@Rimba_rusli)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s