Photography Tips

Tips Memotret Kembang Api


Teringat di ramadhan 2012 , saya membelikan kembang api untuk keisha , sofie & lala , anak dari ustadz saya. Mereka bertiga sangat senang bermain kembang api, sampai minta dibelikan lagi. Tahun berikutnya (2013) mereka bertiga kembali menagih minta dibelikan kembang api……Hahahaha dasar anak kecil. Beberapa kali saya memcoba memotret mereka ketika bermain kembang api, ternyata ngak mudah buat dapet gambar yang bagus, waktu itu saya pake Nikon D90. Perlu teknik khusus buat dapet gambar yang bagus. Setelah berkali-kali mencoba akhirnya dapet juga gambar yang sukup bagus, dengan beberapa trik instan yang mungkin bisa teman2 pake klo motret kembang api , nih saya share ….

IMG_9320

1 . Pilih tempat yang Tepat                                                                             Asap kembang api bisa jadi penghambat buat dapetin gambar yang bagus, maka dari itu pilihlah tempat yang tepat buat motret. Usahakan agak sedikit jauh biar dapet angle yang tepat. Angle yang baik harus bisa memberikan view yang jelas , luas & lapang . Paling gampang ambil posisi memotret searah dengan arah angin dari objek yang memegang kembang api jadi asap kembang api terbawa menjauh objek & anda.

2. Atur focal length & setting ISO di awal
Tentukanlah fokus sebelum kembang api menyala, ambil focal length yang rendah , ambil fokus pada titik kembang api. Atau Anda juga bisa menggunakan mode infinity atau tidak terhingga bila ingin memotret kembang api yang berukuran besar. Setting ISO setinggi mungkin untuk mendapatkan tingkat pencahayaan yang cukup tinggi karena biasanya cahaya hanya bersumber data kembang api.

3 . Gunakan Manual Mode
Biasabnya saya menggunakan manual mode untuk mendapatkan eksposure yang tepat dan tajam. Jadi off kan auto focus dan juga flash Anda. Flash tidak Anda perlukan di sini, karena justru kita membutuhkan cahaya temaram untuk mendapatkan ketajaman gambar dari kembang api. Flash seolah akan menjadi cahaya tandingan bagi kembang api dan akan sedikit merusak foto.

segini aja ya bro tipsnya , semoga bermanfaat ….. TERUS BELAJAR & TETAP SEMANGAT
Let’s Capture the moment , be creative and believe……. (@Rimba_rusli)

IMG_1207

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s