Photography Tips

Hunting Ngak Selalu Bawa Model Cantik AJa….


“Bro hunting yuk”
“Kemana ? Modelnya siapa “

Pertanyaan yng sering saya denger dari temen2 sesama pecinta fotografi. Hunting kebanyakan identik sama pergi ketempat yang keren trus bawa cewe yang cantik sebagai model. Menurut saya enggak tuh , karena menurut saya pengertian model adalah sesuatu yang menjadi target ketika kita memotret , dari mulai manusia , tumbuhan , binatang bahkan benda mati sekalipun. Jadi klo ditanya hunting perlu  bawa cewe cantik,menurut saya sih ngak selalu gitu.

Ketika kita melangkah kaki keluar rumah pastinya banyak bgt objek foto yang bisa dijadiin model dari mulai tukang baso , ibu2 ngerumpi , kucing kampung yang ngk sengaja lewat sampai bunga yang indah dipekarangan rumah. Pastinya untuk mendapatkan hasil foto yang baik & keren diperlukan penguasaan dasar & teknik fotografi yang baik.

Dalam fotografi secara penyutradaraan pose pada model secara umum dibagi 2. Yang pertama sering disebut “direct pose” yaitu gaya/pose pada model yang diarahkan atau direkayasa & semua lingkungan sebagai elemen pendukung diatur oleh sang fotografer. Dalam hal ini model dikategorikan sebagai objek… iya objek karena sang fotografer mengarahkan dlu si model sebelum membidik lewat kameranya. Direct pose biasanya & sering diaplikasikan di genre Modeling Photography & Toys Photography.

Yang kedua “Indirect Pose” dimana model tidak diarahkan pose/gaya oleh si fotografer, model bergerak natural tanpa ada pengaturan oleh sang fotografer. Fotografer hanya mencari atau menunggu moment yang tepat untuk dibidik oleh kameranya. Kejelian sang fotografer yang sangat berpengaruh dalam menghasilkan gambar yang bagus. Dalam ini hal ini model dikategorikan sebagai subjek… iya subjek karena sang fotografer tidak mengarahkan dlu si model sebelum membidik lewat kameranya. Indirect pose biasanya & sering diaplikasikan di genre street Photography, Makro Photography & wildlife Photography

Dibawah ini saya sedikit jelasin 2 genre yang bisa temen2 coba di rumah atau dimana pun...coz its very simple…..Here we go

Toys Photography
Photography menggunakan mainan sebagai objek foto , mainan diatur sedemikian ruap sehingg tampak hidup. Genre ini lagi happening bgt , salah satu masternya yang jadi rujukan yaitu Om Fauzie Helmy, beberapa waktu yang lalu bukunya yang berjudul “Dunia Tanpa Nyawa” dirilis di Jakarta.

Fauzie Helmy Photo -Dunia Tanpa Nyawa-
Fauzie Helmy Photo -Dunia Tanpa Nyawa-

Street Photography
Lebih sering dikenal sebagai fotografi jalanan atau fotografi kampung. Fotografi yang membidik keunikan perilaku manusia dijalanan sebagai subjek. Genre ini juga lagi happening & menular di berbagai kota, salah satu masternya yang jadi rujukan yaitu Om Erik Prasetya yang sudah menghasilkan 2 buah bukunya yang berjudul “Estetika Banal” & “On street Photography“.

Erik Prasetya Photo -Estetika Banal-
Erik Prasetya Photo -Estetika Banal-

Beberapa genre yang saya jelasin diatas cuma sebagian kecil , kata pujangga “Itu cuma kulitnya doang” tapi semua kembali ke pribadi masing2. Tertarik ke genre manapun tetap ya konsisten menghasilkan karya yang baik. Cara mudah belajar sih cepat bawa kameramu mau DSLR , Mirrorless , camdig atau Smartphone untuk tetap menjepret setiap moment……..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s