Travel & Photography

Creative Cities Conference 2015 : Gagasan Solusi & Sinergi Ide Kreatif


Stamina yang mulai ngos-ngosan harus kembali dipacu di Hari minggu , 26 April. Sebuah kegiatan bertajuk Creative Cities Conference 2015 yang diinisiasi oleh Bandung Creative City Forum digelar di Pendopo Kota Bandung. Dengan membawa nama Bandoeng Photostreet Shooter sebagai Komunitas Photography Jalanan & Ruang Publik saya mendapat kehormatan bisa bergabung di konferensi ini.

Bandoeng Photostreet Shooter Member
Bandoeng Photostreet Shooter Member

Sebuah acara bertaraf internasional sebagai Official Opening Helarfest 2015. Acara resmi dibuka oleh Walikota Bandung Ridwan Kamil dilanjutkan oleh pemaparan konsep ekonomi kreatif oleh Triawan Munaf , sebagai kepala Badan Ekonomi Kreatif RI. Lumayan berat materinya tapi untungnya otak saya bisa berfikir agak cepat sambil meraba raba. Selanjutnya materi tentang pengembangan kota kreatif disampaikan para penggiat kreatif dari Malaysia , Thailand diakhiri penggiat kreatif level ASEAN.

Jika mengibaratkan kreativitas sebagai sebuah ladang dengan berbagai makhluk hidup yang ada didalamnya , maka photography pasti menjadi salah satu makhluk hidup pengisinya. Dan agar makhluk hidup itu tumbuh dengan baik maka diperlukan perawatan yang diterjemahkan dalam bentuk kegiatan , karya atau project oleh para pelaku & penggiatnya.

“Jika kami bersama nyalakan tanda Bahaya” -S I D-

Creative Cities Conference 2015
Creative Cities Conference 2015

Ladang kreativitas akan begitu indah saat setiap makhluk hidup didalamnya bersinergi membuat & merawat suatu ide dalam keberagaman. Hari itu saya menyingkirkan ego genre street photography dan saya membawa photography sebagai sesosok makhluk hidup yang siap bersinergi bersama dalam ladang kreativitas. Tentunya dengan tidak semua ide dapat bersinergi dengan baik , dengan menempatkan diri sesuai porsi maka dipastikan semua dapat bersinergi dengan baik.

Yup maka di event Creative Cities Conference 2015 inilah diharapkan dengan berkumpul & bersinerginya para penggiat kreatif akan lahir sebuah ide kreatif yang dibarengi tindakan nyata untuk mengatasi beberapa persoalan khususnya ditingkat kota.

Layaknya sebuah kejutan , disela acara kami berkesempatan untuk menikmati Bandung dikala senja sambil naik diatas Bandung Tour On Bus a.ka. Bandros. Diujung sana ada seorang gadis putih bergigi kelinci yang pastinya iri bgt coz kita bisa naik bis ini, kalimat buat dia sih “Anda belum beruntung saja”. Kejutan lain datang , ternyata naik Bandros tidak seindah yang dibayangkan, adrenaline sedikit dipacu selama bandros melaju dijalanan kota.

Bandung Tour On Bus
Bandung Tour On Bus

Tata kota Bandung yang ternyata tidak seindah Paris, dimana banyak kabel yang melintang di tengah jalan ditambah ranting2 pohon disisi jalan. Setiap melintasi jalanan , kami yang berada diatas harus waspada untuk menunduk & berlindung dari jeratan kabel & ranting. Ugh adrenaline terus dipacu , menanti teriakan “AWAS KEPALA , BANDROS MULAI OLENG KAPTEN….PUTAR HALUAN”…..Hah apa ini serasa Perang…..Dua kata “SERU ABIZZZ”.

Melaju sambil melihat Bandung dari ketinggian , kembali menajamkan mata nurani saya. Ditengah indahnya kota ini masih banyak persoalan dari mulai ketimpangan sosial sampai perilaku vandalisme pada fasilitas publik dan semua tampak secara kasat mata dari atap bandros …. HAH ! kembali sebuah kontemplasi ringan hinggap di kepala.

Persoalan yang tampak itu saatnya bukan cuma jadi tontonan tapi harus segera diatasi. Disaat itulah sebuah ide kreatif & tindakan nyata yang kami sinergikan hari ini dapat menjadi salah satu solusi alternatif mengatasinya. Sebuah ruang untuk solusi kreatif sudah terbuka , persoalan tinggal bagaimana kami sebagai kaum kreatif memanfaatkannya ,khususnya bagi saya yang membawa Photography sebagai ide dan solusi.

3 thoughts on “Creative Cities Conference 2015 : Gagasan Solusi & Sinergi Ide Kreatif

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s