Kuliner

Ketika diet cuma jadi omongan tanpa realisasi ….


Retorika yang kadang bikin enek , tahun ini jadi tahun perkembangan besar buat saya. Yah satu bagian bernama perut yang muali mengembang besar melebihi ukuran aslinya😦. Menurut perumusan dari WHO (World Health Organization) standar berat badan ideal adalah :

Berat Badan Ideal = Berat Badan (Kg) : (Tinggi badan x Tinggi badan)

klo bingung bisa cek disini … sekalian cek masih ideal ngak berat badan kita

Berdasarkan perhitungan menurut WHO berat badan saya ternyata msih masuk kategori ideal… hehehe … tapi ngikutin rumusnya BROCHA

Berat pria ideal = (Tinggi badan – 100) – (10% x (Tinggi badan – 100))

perhitungannya tinggi badan saya 172 cm, jadi itungannya:
(172 – 100) – (10% x (Tinggi badan – 100)) = 72 – (10% x 72) = 72 – 7,2 = 65.5 Kg
Maka berat badan ideal saya menurut rumus brocha adalah 65.5 kg

setelah menimbang di banyak timbangan di rumah , rumah sakit , puskemas sampe tempat peti kemas … berat bdan saya cuma 65 kg tinggi badan 172 …..MASIH IDEAL ….

wolverine

Tapi perut saya yang mulai mengembang mulai bikin enek , sebenernya ngak terlalu menganggu aktifitas sih , cuma ya gitu berasa gemuk aja.

Padahal saya termasuk orang yang jarang makan , boleh percaya atau ngak , saya cuma makan nasi sekali sehari makan siang doang tapi porsinya hehehe …. Buat sarapan saya makan salad buah / sayur yang menyehatkan , bukan apa2 cuam buat ngelancarin pencernaan. Dari makan siang sampe malem bahkan sampai sarapan saya ngk makan lagi …. poal makannya mirip2 OCD nya om Dedy Cordbuizer.

Olahraga rutin pasti dilakuin tiap minggu pagi , ngelahap lari 3-5 km udah biasa buat saya. Tapi ya gitu , bagian perut tetep aja sedikit maju.

Klo mau diet mungkin porsi makan bakal sedikit dikurangin & bener2 ngurangin asupan gula. Terutama kebiasaan minum teh manis di pagi hari , teh manis bakal diganti jus buah tanpa gula.Hampir sebulan nerapin pola hidup kaya gini , alhamdulillah perlahan namun pasti perut mulai merata.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s