Photography Tips

Tips Foto Produk Makanan Bareng Abohay Abon Hayam


Hampir 2 bulan ngak moto produk coz disibukan sama kegiatan photography yang lain. Pucuk dicinta Order tiba , berkat cuap2 tetangga dari Teh karin teman sewaktu kuliah , mempertemukan saya sama Teh Nunu Owner dari Abohay (Abon Hayam).Akhirnya Deal2in buat fotoin produknya yang berjenis abon berbahan dasar ayam , klo yang belum tau abon itu apa silahkan kaka klik disini.

Sketsa Pensil ceated by Rimba Anggara
Sketsa Pensil created by Rimba Anggara

Kaya biasanya saya menggambar sketsa konsep pakai pensil buat didiskusikan sama sang Owner, akhirnya deal konsep dapur dengan sedikit improvement. Lets shoot , bangun set fotonya , buat foto produk nih peralatan yang saya pakai

Backdrop warna putih ukuran 1 x 1 meter
Kamera Canon eos 60D 
Lensa Canon EF-S Fix 50 mm f/1.8 
Lensa Canon EF-S 18 - 135 mm f/3.5 - 5.6
Soft Light kreasi sendiri + Reflector
Wallpaper tekstur kayu

Klo dijelasin prosesnya pastinya panjang , biar ngak bingung banyak kok tutorialnya di youtube. Saya mah aplikasi ni saya kasih tips memfoto produk versi saya

Foto Produk by Rimba Anggara
Foto Produk by Rimba Anggara

1 . Kenali Produknya
Kenali bener2 produknya coz setiap produk punya karakter tersendiri. Karena yang difoto adalah produk makan (Abon) berarti yang harus dikuatin karakternya kelezatan Abonnya. Kelezatan makanan terlihat dari tekstur & warna makan yang menggoda.

2 . Konsep yang benar & menguatkan
Eksekusi konsep harus bener2 pas buat nampilin karakter si produknya itu sendiri. Buat foto full produk mungkin ngak terlalu sulit coz cuma foto produknya aja. Ngak cuma benar konsep juga harus kuat , nguatin konsepnya pakailah properti pendukung yang juga nguatin si produk itu sendiri contoh nya , buat Abon pendampingnya nasi atau bubur , klo produknya roti pendampingnya Teh Anget atw Kopi.

Abohay by Rimba Anggara
Abohay by Rimba Anggara

3 . Komposisi & penempatan produk
Komposisi & penempatan produk harus benar pas jangan sampai properti pendamping malah lebih menonjol. Paling enak buat penempatan pakai presentase 70 % produk sisanya buat properti pendamping.

4 . Bermain dengan ketajaman (Depth Of field)
Ketajaman ? Bokeh kata orang2 mah , ini murni memaksimalkan kemampuan lensa. Buat dapat ketajaman yang maksimal set Aperture lensa ke bukaan maksimal set nilai f ke yang plng kecil f/1.8 – 3.5 trus pilih point shootnya via kamera.

Abohay by Rimba Anggara
Abohay by Rimba Anggara

5 . Processing untuk penyempurnaan
Kadang gambar yang diambil kamera kurang tajam atau kurang kontras maka agak sedikit diotak atik pake Photoshop atau Lightroom. Biar maksimal hasilnya , atur foto ke resolusi tertinggi misalnya di 18 MP atau format foto berbentuk RAW.

Shoot proses selesai , Alhamdulillah sang Owner cukup puas & saya juga puas hehehe.. Lumayan nguras pikiran coz foto produk memang lebih sulit daripada foto modeling yang bisa kita arahin , klo produk kan benda mati ngak bisa kita arahin … hehe

Screenshot_2015-11-27-19-35-02

Sekalian promosiin Abon Hayam Abohay , Rasanya enak lho teksturnya lembut dan rasa ayam kerasa banget …. Buat yang pengen ngerasain sensasinya yuk klik link ini Abohay.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s