My Story

Kelas Inspirasi Karawang #1 : Menginsipirasi lalu Terinspirasi ….


“What matters is making pictures that make people feel and react to them.”  -Fer Juaristi-

Anak anak selalu menjadi subjek yang menarik diabadikan, ekspresi & tingkah lakunya pastinya natural. Ingat cerita di tahun lalu waktu saya ngegarap kampung kreatif sampai diundang di Creative cities conference , aah seakan ingin mengulang nostalgia , berburu momen estetik di setiap jepretan.

Tiba-tiba WA saya disusupi sekelompok manusia yang bernama relawan pengajar. Seketika Hp saya hingar bingar seperti di pasar , rumpian mulai ramai … saya cuma bisa memantau aja , bingung sembari sedikit meraba-raba rencana apakah gerangan yang sedang mereka bahas …. kembali membom hiroshima kah atau nagasaki…

Kelas Inspirasi Karawang #1
Kelas Inspirasi Karawang #1

Ternyata rumpian menyusun rencana kelas inspirasi karawang (KI karawang#1) yang pertama dimana saya lolos sebagai relawan dokumentator, buat yang belum tau apa itu kelas inspirasi klik disini yaa. Singkatnya kelas inspirasi adalah sebuah gerakan para profesional untuk cuti bersama lalu mengajar selama sehari di sekolah dasar negeri terpilih yang sederhana. Tujuannya agar anak-anak dapat terinspirasi dari cerita profesi yang diterangkan oleh para relawan tersebut. Yah setidaknya mereka dapat termotivasi buat menggantungkan cita-citanya setinggi langit. Dan kali ini saya tergabung di Rombel (Rombongan Belajar) SD Mekarjati 1.

Hari H kelas Inspirasi …

Senin pagi saya memacu motor saya menuju lokasi ternyata letak sekolahnya ngk pelosok2 amat kaya yang dibayangin , cuma hhmmm masih perlu perhatian lebih dari pemerintah setempat. Bangunannya yang cukup memprihatinkan , cukup kontras sama kota karawang yang katanya kota industri.

Kami disambut oleh pihak guru lalu didaulat ikut upacara pagi bersama (Finally setelah 10 tahun .. upacara lagi) dilanjutin sama perkenalan masing2 relawan. Suasana yang tegang seketika pecah menjadi lebih santai karena misi kita ya learning with Fun.

CAMERA
Kelas Inspirasi Karawang #1

Sebelum memulai kelas inspirasi , anak2 kita “Hentak” dulu sama joget pinguin yang dipandu sama kak Arie. Gelap tawa yang riang dari anak2 layaknya pemanis melawan sengatan matahari di pagi hari.

Akhirnya semua anak2 masuk ke kelasnya masing , dan kami para relawan berkumpul sambil breafing. Semua alat tempur disiapkan dengan harapan memberi inspirasi buat anak2

Owh lupa belum ngenalin para relawan yang jumlahnya 12 orang , ada kak Arie , Kak Trias , Kak Ulie ,Kak Ferry , Kak Aji ,Kak ferdian , Kak Dynna , Kak Fitta , Kak Rita , Kak Ikhsan , Kak Nina & terakhir saya yang paling kalem Kak Rimba (#eh) & semua relawan berasal dari berbagai profesi.

Inspirasi & Nyanyian

Sebagai relawan dokumentator yang tugasnya motret saya termasuk beruntung bisa liat proses transfer inspirasi di tiap kelas , seru bgt ngeliat tiap kelas yang pastinya beda karakter.

Dimulai dari kelas yang heboh , pecicilan sampe klas yang jaim nyaris ketakutan ngeliat tampang unyu2 para relawan.

Kelas Inspirasi Karawang #1
Kelas Inspirasi Karawang #1

Melihat ekspresi anak2 lugu yang terpapar dari indahnya tatapan bola mata. Mungkin menjadi pertanda inspirasi sedikit muncul walaupun mereka belum mengerti apa yang relawan ceritakan di depan kelas.

Klo udah mentok atau bete , trik paling gampang ajakin aja nyanyi atau berselfie ria sambil teriak “BBuuuunnnnCCccciiiiissssss…..

Time’s Up ….

Waktu harus diakhiri …..dari semua inspirasi yang beri …. Harapan besar jadi pamungkasnya. Yup sebuah harapan besar yang menjadi tunas dari pohon besar bernama cita-cita.

Menerima inspirasi lalu menuliskan cita-cita dan nempelin di sebuah pohon menjadi penanda berkahirnya acara hari itu. Tawa lagi lagi jadi perpisahan dengan anak2 dari ujung karawang. Dan hari ini saya kembali belajar bukan saya yang menginspirasi tapi mereka anak2 yang menginspirasi saya.

Kelas Inspirasi Karawang #1
Kelas Inspirasi Karawang #1

Di hari selanjutnya anak2 akan kembali beraktivitas seperti biasa & kami para relawan pun sama kembali ke rutinitas. Melalui kelas inspirasi kita banyak dapat pelajaran atau mungkin ada yang ikut sekalian ajang mencari jodoh #eh . Dari pandangan relawan dokumentator seperti saya , yup setiap jepretan adalah sebuah medium bercerita yang penuh makna dan layak untuk dibagikan.

” Fotografi akan lebih bermakna jika digunakan sebagai medium bercerita” -Radityo Widiatmojo-

Kelas Inspirasi Karawang #1
Kelas Inspirasi Karawang #1

Terima Kasih Kelas Inspirasi Karawang #1

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s