Photography Tips

7 Rangkuman Mengenal Mirorrless (Versi Saya)….


“Kamera apaan nih kecil bgt , dslr versi mini kah”

Kesan pertama liat kamera berjenis mirroless , mungkin anggapan diatas sama kaya yang teman2 kira. Suka atau ngak DSLR yang masih dianggap “The Real Camera” oleh banyak orang , Ugh bikin agak ciut nyali. Padahal sejatinya kamera adalah tools atau alat yang dipakai buat mengambil gambar atau memfoto. Mau DSLR , SLR , Camdig bahkan HP China pun bisa  disebut kamera kalo dipake buat mengambil gambar / memfoto.

Teknologilah yang membuat semuanya menjadi nyata & praktis(–hehe). Dan mirrorless seperti anak bungsu perkembangan teknologi kamera.  Bingung yaa terlalu tinggi kali bahasanya …Yuk kali ini saya bakal sedikit ngulas racun bernama Mirroless , check this out bro

1 . UKURAN & BOBOT
Secara bobot kamera mirrorless punya bobot yang lebih ringan ditambah ukuran yang lebih kecil ….kok bisa gitu , TEKNOLOGI lah biang keladinya , klo bingung liat aja gambar sebagai perbandingannya

Olmypus EM5 dan Canon 5d. Sama-sama pakai lensa 24-70 f/2.8. 700 gr Kg vs 1700 gram.
Olmypus EM5 dan Canon 5d. Sama-sama pakai lensa 24-70 f/2.8. 700 gr Kg vs 1700 gram.

2 . TEKNOLOGI
Inilah Biang keladinya , perkembangan teknolgi yang pesat. Buat yang belum ngerti silahkan lihat gambar yaa….

mirrorless-fotografia

Pada DSLR terdapat cermin & pentaprisma yang gunanya mengubah sinar vertikal ke sinar horisontal untuk ditangkap sensor , hasil yang ditangkap sensor bisa dilihat viewfinder jadi inlah yang bikin DSLR jadi besar.

Sedangkan mirrorless bagian cermin dan pentaprisma dihilangkan , sehingga cahaya langsung ditangkap sensor & hasilnya bisa langsung dilihat di layar LCD.Secara mode mirrorless setara dengan DSLR , mode Av , TV sampai M sudah dibilang mumpuni …yah kembali Teknologilah biang keladinya … hehehe

3 . KUALITAS FOTO MIRORRLESS SAMA DENGAN DSLR
Kurang lebih iya. Dengan catatan perbandingannya dengan ukuran sensor yang sama atau dibilang perbandingan sekelas. Misal saja mirrorless Sony A6000 hasil fotonya tak akan jauh berbeda dengan Nikon D7200 karena sama-sama berukuran APS-C. Atau Nikon D800 dengan Sony A7.

Nikon D800 & Sony A7
Nikon D800 & Sony A7

Bahkan dibeberapa Mirroless terbaru keluaran Olympus & Lumix , kualitas foto udah lebih tajem dibanding DSLR , kembali yaaa dengan catatan perbandingannya dengan ukuran sensor yang sama atau dibilang perbandingan sekelas

4 .RESPONSIVITAS MIRRORLESS LAMBAT

Diawal 2013 responsivitas Autofokus & kecepatan frame jadi biang kerok , tasbihlah mirrorless jadi bahan bulian. lihat aja EOS M1 ,ampun dah payah banget … Tapi seiring perkembangan teknologi , beberapa produsen kamera udh mulai bisa ngatasin problem ini.

Untuk autofokus statis (AF-Single) kamera mirorrless bahkan beberapa lebih cepat daripada DSLR. Menurut pengalaman saya, untuk AF statis kamera mirrorless dari Olympus dan Panasonic paling juara. Disusul oleh Sony, Samsung, dan Fuji.

Untuk kecepatan frame persekon istilahnya mah “shoot ngadereded” , beberapa kamera mirrorless udah lebih setara bahkan lebih baik dari DSLR. Kenapa yaa karena teknologi sensor pada mirorrless yang langsung menangkap cahaya dari lensa , ngak seperti DSLR yg harus melalui cermin baru ditangkap sensor.

5 . BISA PAKAI LENSA-LENSA MANUAL APAPUN ?
Yup istilahnya lensa oplosan , memang bisa dioplos dengan lensa manual manapun asal dengan mounting yang tepat atau diakalin pake adapter…. ingat-ingat adapternya juga yang tepat.

Mirorrles Lensa Manual
Mirorrles Lensa Manual

6 . BATERE KAMERA MIRRORLESS LEBIH BOROS DIBANDINGAN DSLR?

Betul sekali. Sebagai contoh DSLR rata-rata bisa memotret sekitar 700-1000 foto dengan satu baterai. Sedangkan kamera mirrorless hanya sekitar 200-400 foto. Hal ini disebabkan karena kamera mirrorless butuh daya yang lebih besar untuk ‘live view’ dari sensor ke LCD.

Live view Mirrorless
Live view Mirrorless

Sedangkan DSLR menggunakan optical viewfinder (jendela bidik optik) yang mungkin tak membutuhkan daya. Tapi ini sebetulnya normal, jika kita menggunakan mode live view pada DSLR, kemampuan baterai pun tak akan berbeda jauh dengan kamera mirorrless.

7 .PILIHAN LENSA KAMERA MIRRORLESS MASIH SEDIKIT

Mirrorless Interchangeable Lens Camera (MILFC) adalah sistem yang relatif baru. Lensa makin terus berkembang. Untuk saat ini lensa olympus dan panasonic paling bervariatif. Fuji punya lensa-lensa prime yang sangat menggoda. Berikut daftar lensa yang ada saat ini

mirrorless lens
mirrorless lens

Klo boleh dibilang kamera mirrorless sedang tumbuh berkembang jadi kompetitor utama DSLR. Rasa-rasanya dalam 3 tahun kedepan bakalan banyak orang mulai pake kamera mirrorless yang imut ini. hehehe liat aja di film Assalamualaikum Beijing bahkan Darwis Triadi pake mirorrless buat tiap sesi pemotretannya.

Darwis Triasdi - olympus
Darwis Triasdi – olympus

Nah, balik lagi ke pribadi masing2 , saya sih DSLR punya , Mirorrless juga sering pake jadi gak terlalu memihak kan hehehe... Moga membantu yaaa sobat….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s