Travel & Photography

975 mdpl : Mendaki Gunung Bongkok Purwakarta …


Udah lama ngak mendaki gunung , pantesan lutut sering loncat2 klo liat gunung #ApaSih , kangen kali yaa si lutut sama gunung , mirip pribahasa “Bagaikan lutut merindukan gunung#LebihNgakNyambung.

Rencana mw naik gunung udh dari bulan maret , tapi gara2 cuaca yang kurang bersahabat jadinya sering gagal. Dan akhirnya , Bulan Juni cuaca mulai bagus , maka berangkatlah saya bareng 2 orang teman. Gunung yang kita tuju yaitu Gunung Bongkok yang berada di Purwakarta , untuk rutenya klik disini.

Gunung Bongkok terletak di Desa Cikandang Purwakarta Jawa Barat, gunung ini sangat cocok untuk pendaki pemula karena ketinggiannya “cuma” 975Mdpl, meskipun dengan ketinggiannya “cuma” segitu tapi jalur kepuncaknya lumayan extreme Hampir seluruh jalur miring 70 derajat vertikal , ada juga yang 90 derajat , naiknya yaa pke bantuan tali webbing atau pegangan ke akar2 pohon.

Jalan & Rute Menuju Kesana …

Patokannya dari pertigaan plered , jalan terus ngikutin jalan ke arah bendungan cirata , menjelang pertigaan citeko lurus ke arah pasar citeko , dari situ bakal ada petunjuk ke arah Gunung Bongkok. Buat yang pake kereta bisa turun di stasiun plered , dari situ tinggal carter mobil bak terbuka buat harganya tinggal nego aja yaa.

Buat yang bawa kendaraan sebelum pintu masuk ke kawasan wisata gunung bongkok, ada penitipan kendaraan yang dikelola sama warga. Buat parkir mau sehari atw berhari-hari cuma bayar 5ribu rupiah , cukup murah kan. Dari situ tinggal ikutin aja petunjuk ke loket wisatanya , buat masuk ke wisata gunung bongkok, dikenakan tiket 15rbu/orang udh termasuk asuransi lho

CAMERA

Setelah bayar langsung diminta ninggalin KTP sama isi form pendaftaran isinya nama , no handphone , sama waktu turun mendaki. Buat apa sih ini , yaa jaga2 klo misalnya kita ngilang atau tersesat , jadi para ranger hutan bisa langsung nyariin kita …. klo tersesat ke hati mantan gimana kang … Hah malu2in #PriaSejatiBisaLupainMantan #PriaSejatiHarusMoveOn

Pos Munclu
Pos Munclu

Menuju Puncak Bongkok terdapat 2 pos yaitu pos munclu & pos batu datar. Dari gerbang ke pos munclu bsa ditempuh dalam waktu 10-15 menit , deket yaa hehe…Dari pos munclu kita bisa liat view ke arah waduk cirata , ueeenddddaaah banget.. Di pos munclu ini juga ada saung2 buat bermalam , biaya sewanya 10rbu permalam , udah dilengkapi sama colokan listrik juga lho jadi ngak bakal ketinggalan update ke sosmed kan ….

Pendakian Sesungguhnya Baru Dimulai …
Baru nyampe pos munclu aja udh indah banget apalagi kalo di puncak kan…Yup dari pos munclu inilah “Pendakian Sesungguhnya Baru Dimulai” (Suara Drum). Rute terjal nyaris 60 derajat harus dilahap , kadang dibeberapa titik ditemui rute nyaris 90 derajat , tapi jangan khawatir yaa udah ada tali webbing yang dipasang atau merambat pake akar2 pohon ala tarzan.

Buat yang sering ngedaki sih , treknya ngk bakal terlalu berat , klo buat yang awal mendaki atau pendaki pemula lumayanlah buat pemanasan. Buat saya yang sering sih biasa aja hehehe #MulaiSombong. Lama pendakian sekitar 1 jam aja , kalo buat pemula mungkin lebih yaa. Yang harus diingat tetap hati2 yaa , usahain pake sarung tangan buat ngebantu pas mendaki.

Yes …….. We are On The Top
Setelah pendakian kurang lebih satu jam , sampailah kita di pos Batu Datar (950 mdpl) , disinilah kita bakal bikin camp. Dari batu datar ke puncak gunung bongkok ataw pucak batu tumpuk cuma sekitar 5 menit aja. Deket kok cuma treknya lebih terjal aja tapi udah ada titian dari pohon yang dibentuk jadi tangga.

Yiiipppppiiii Kami di puncak , ngak usah diterangin yaaa , biar foto aja yang berbicara. view yang indah yaa, dan sialnya filter set saya ketinggalan .. aahh pake teknik bracketing aja lah (ntar saya kasih tutorialnya yaa)…

Puncak Batu Tumpuk Gunung Bongkok ( Canon 60D , 15 85 mm )
Puncak Batu Tumpuk Gunung Bongkok ( Canon 60D , 15 85 mm )

Malam pun tiba , kami kembali ke tenda , rejeki pria setia yaa ada serombongan anak smp lagi kemping & ditemani kakak kelasnya yang cakep #DigamparIbuNegara. Suhunya malam hari lumayan dingin jadi mendingan berhangat2 ria di tenda sambil pelukan , iya pelukan sama pohon. Paginya saya bangun lebih awal , pastinya ngejar sunrise yang kece ….. Tapi sayang beribu sayang , kabut terlalu tebal …. memang salah kita sih datang di musim hujan ,yaa ginilah hasilnya…

Photo Ala Ala Kekinian
Photo Ala Ala Kekinian

Dan 2 orang teman saya , coba agak berpose ala ala kekinian , biar bisa dibilang anak gunung …hehe. Menjelang siang hari mulai panas ,saatnya pulang hhmm serasa ngak tega ninggalin si puncak bongkok ….

See you Gunung Bongkok …….

Tapi pendakian harus diakhiri , saatnya pulang …beresin tenda dlu , bersih2 camp & jangan lupa sampahnya harus dibawa balik lagi demi kebersihan & kelestarian alam.

Trek pulang yaa lewat trek yang sama waktu naik , tetep terjal. Tapi makan dlu kels biar agak strong … Pulangnya lebih hati2 aja coz kita nurun , kepeleset dikitdapat dipastiin jatuh berguling2 ria sampe bawah #Amit2. Yup ditengah perjalanan pulang kami bertemu sama beberapa orang yang mau ke puncak ,hmmm melihat trek yang kami lalui bisalah naik kepuncak trus turun lagi.

Sebelum pulang lapor dlu ke pos , ngak lupa souvenir stickernya… lumayan buat ditempel di mobil hehehe. Oh ya ketinggian Gunung Bongkok yang cuma 975 mdp cocok bgt buat kalian pendaki yang masih pemula coz ngk berat2 amat & juga bisa buat “One Day Trip” ,naik ke puncak trus turun lagi dihari yang sama.

Tapi tetep ya jaga kesehatan sama lapor ke pos sebelum mendaki , waktu mendaki tetep jaga keselamatan jangan sok2an cari trek baru , juga pastikan bawa lagi sampah selama pendakian ….

Terima Kasih Sobat … Have A Nice day…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s