Photography Tips

Tips Bikin Dome Port Buatan Sendiri Seharga 50 ribu Buat bikin Foto Half Underwater


Sering liat kan foto yang nampilin setengah didalam air lalu setengah lagi nampilin daratan / udara , foto ginian pastinya ngasih kesan yang berbeda dan unik. Yup Jenis foto ini disebut Half Underwater Fotografi yang diambil dari dalam air (Underwater) yang merekam permukaan air/surface maupun daratan juga ,jadi ada setengah bagian bawah dan atas, setengah medium basah dan medium kering (Half).

9-alex-solich

Cara ngambilnya ya pake kamera underwater atau sekarang pke action cam , banyak kok dari mulai action cam kasta tertinggi GoPro , kasta menengah XiaoMi , Brica, SjCam sampai kasta tengkurep KoganCam. Tapi action cam aja ngak cukup , coz cakupan foto bakal kurang luas , maka diperluin lagi tambahan alat bernama Dome Port

Dome Port
Dome Port

Dome port alat yang berbentuk setengah bola dengan ruang kosong ditengahnya yaah kaya foto diatas. Alat ini ditempelin ke action cam , tapi sayang harganya lumayan MMMUUAAAHHHHAAAALLLL , klo ngk percaya cek disini (Klik disini..). Tapi jangan khawatir bagi kalian kaum ngirit , ada cara kreatif buat ngakalinnya yaah dengan cara bikin dome sndiri , modalnya murah kok sekitar 50ribu aja. Nih ada tutorialnya ala saya hehehe….

Yang Harus Disiapkan …
Pertama berdoa trus mandi ngak lupa gosok gigi #Pppyyyaaarr , serius dikit..

img-20160724-00121
Fake CCTV – Lem Aquarium – Gabus Anti Air

1 . Fake CCTV yang bisa dibeli di situs sebelah (klik disini..) cari aja yang sesuai budget
2 . Lem aquarium , bisa dibeli di toko aquarium harga sekitar 7rbuan
3 . Sterofoam tebal atau gabus anti air , bisa beli di toko buku harga sekitar 10rbuan
4 . Siapin obeng , cutter , spidol & secangkir teh sama pisang goreng.

Here We Go , lets Do It ...

photogrid_1473834234200

1 . Bongkar Fake CCTV pake obeng , trus ambil bagian beningnya

2 . Ambil sterofoam atau gabus anti air , disini saya pake gabus anti air coz lebih gampang dibentuk & ngak khawatir patah kaya sterofoam. Buat pola lingkaran mengikuti diameter , pake diameter terluar , knapa diameter luar , biar gabusnya bisa nempel kuat ke dome

photogrid_1473834688030

3 . Potong pake cutter mengikuti polanya , trus pasang ke domenya

4 . Pasti ngak masuk kan , makanya potong dikit sampai gabus masuk ke dome , klo udah masuk , lepas lagi gabusnya

photogrid_1473834780453

5 . Ambil ActionCam , saya pake SJCam4000. Buat lubang buat lensanya yaah seukuran sama bentuk corong lensa

6 . Pastiin lubang lensa nempel kuat ke corong lensa, triknya lubang corong lensanya dibikin agak kecil biar bisa ngegigit gabusnya

photogrid_1473834851038

7 . Masukin gabusnya ke dome , tekan dikit sampe pas ke dome … klo udah pas lepas ActionCam , dari gabus dan dome

8 . Simpan gabus disisi luar dome sambil dikasih lem Aquarium disekililing gabusnya , klo udah beres tekan sampe gabus masuk ke dome.

img-20160724-00162

9 . Diemin selama 1 hari sampe lemnya kering & merekat sempurna yaaa

Sebelum dipake cek dlu yaa , ngk usah jauh2 cek ke bak mandi … biasanya masalah yang sering ada ya air yang masuk ke dalem dome , gabus yang agak keambil gambarnya … Solusinya yaa atur2 lagi posisi kamera ke gabusnya

Lumayan kan Hasilnya.......
Lumayan kan Hasilnya…….

Moga bermanfaat yaa sobat , kalo buat hasilnya ngak kalah kok sama dome yang mahal itu … tinggal kita aja yang sering2 nyemplung ke air jadi jangan bosan2 latihan yaaa ….

Thank You , Have A Nice Day …..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s