Travel & Photography

Eksplore Purwakarta : Jalan-Jalan ke Situ Cisaladah


Pengen yang dingin2 sekarang mah , pengen mandi renang di aer, tapi bukan di kolam renang tapi ke mata air. Googlinglah saya , ternyata yang paling deket ke mata air Cimincul Subang tapi kok berasa mainstream coz udah mulai dikenal , jadi mungkin rame kali yaaa ……

Saya berkeyakinan klo di sekitaran purwakarta pasti ada tempat asik buat mandi di mata air. Bisik2 info dari instagramnya explorepurwakarta , ada tuh namanya Situ Cisaladah , tempat yang asik keliatannya …. TAPI … kok info rute ke sana minim malahan ngak ada … Ohh yess … berarti tempatnya belum banyak diketahui sama orang2 , khususnya para alayers …

Penampakan Situ Cisaladah di Instagram ExplorePurwakarta
Penampakan Situ Cisaladah di Instagram ExplorePurwakarta

Info yang ada cuma nama desanya aja nih yaitu Desa linggasari Sawit Purwakarta , ya udahlah berangkat aja. Perjalanan dimulai dari Pom Bensin Parcom purwakarta , saya ditemani 2 teman yang sama waktu ngedaki gunung bongkok (ceritanya klik disini) , motor kita pacu santai ke arah sawit wanayasa , kurang lebih 40 menit sampai dipertigaan sawit , trus belok kiri kearah wanayasa.

Jalan Desa Linggasari
Jalan Desa Linggasari

Dari situ pelan aja sampai nemu pertigaan linggasari , ada alfamart yang jadi patokannya. Langsung belok kanan kearah pelosok ,jangan lurus klo lurus kita malah nyasar sampe wanayasa. Udah belok kanan tinggal ikutin jalan aja sampe ketemu sekolah klo ngak salah SMP. Dari situ ada gerbang desa linggasari , dari ngikutin jalan lagi yang uueeddaaan berbatu , klo bingung tanya aja penduduk setempat hehehe…..

Nih patokannya , klo udah nemu kaya difoto , tinggal turun aja yaa ikutin jalan, inget motor pasang gigi rendah klo ngak mau ngeluyur coz treknya miring bgt. Ngak lama bakal keliatan deh situ cisaladah yang cozy bgt ….

Treknya uuueeedddaaaannn ..... Tinggal turun aja .....
Treknya uuueeedddaaaannn ….. Tinggal turun aja …..

Fffiuuuh lelah terbayarkan , parkirin motor dilapangan , ngak lama mendekatlah sesosok ibu ngasih tiket parkir cuma 2rbu perak , ditambah tiket masuk seharga 5rbu jadi total 7rbu, murah kan. Udah bayar nyemptin deh ngobrol2 sama ibu2 nanyain boleh mandi ngk di situ nya kata ibu itu “Bade Guyang A” , …Hah “Guyang” dalam bahasa sunda jadoel artinya mandi #AmpunKaka , bahasa sunda halus yang udah jarang didenger.

CAMERA
Situ Cisaladah

Akhirnya buka baju trus nyemplung GUYANG ,,bbrrr dingin bgt , wajarlah coz ini mata air. Warnanya jernih bgt sampe lumut yang ada didasar bisa diliat ditambah ada ikan mas yg gede bgt ikut hidup disitu.Ngk sah yaaa klo ngak foto2 hehehe , berbekal SJCam4000 jadilah kita foto , seklian nyobain trik half underwater photography (ceritanya klik disini).

Half Underwater Photography
Half Underwater Photography

Yup udah dingin2an waktu makan pesen Pizza Hut atw McD , Tidak masbro kita mah spesialis ngaliwet alias masak sendiri. Menu sederhana nasi liwet pake mie & sarden ….hehe enak2 …

Ngaliwet
Ngaliwet

Menjelang siang sehabis puas maen aer tambah foto2 , akhirnya kita pulang …jalurnya yaa lewat yang tadi lagi….See you next situ cisaladah , ntar kita datang lagi …….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s