Travel & Photography

Tjukul Road Trip : Perkebunan Teh Pembunuh Sepi….

Hah … udara kota udah mulai menyiksa … saatnya nyari udara yang bener2 adem. Beberapa hari ini saya diracuni satu tempat yang ngak jauh dari kota bandung , satu tempat dengan pemandangan teh yang menghampar luas. Sebenernya banyak pilihan buat liat pemandangan kebun teh di sekitaran bandung , bisa ke puncak atau ciwidey. Tapi ada satu tempat di sekitaran ciwidey yang bikin greget , kenapa greget coz tempat ini mulai jadi hits buat motret landscape apalagi pas sunrise , Yup perkebunan teh cukul namanya. Sempet bingung gmn cara nyampe kesana , setelah googling dapetlah rutenya…

Matahari-muncul-di-balik-gunung
View from Cukul Sunrise Point

Tapi rute aja ngk cukup , haruslah bawa orang yg pernah kesana dan akhirnya Kang Chandra Musliminata alias Kang Mus KW7865421 didaulat buat jadi guide selama perjalanan. Ngk cuma kang mus aja tapi Aa Luckman diajak juga. Apa daya sebelum hari H , saya baru pulang ke rumah jam 11 malam padahal besok perjalanan bakal dimulai jam 3 pagi. Dan bener aja saya bangun kesiangan , Aa Luckman yang On Time jam 3 pagi udah nyambut di titik kumpul depan KFC cimahi.

Yup perjalanan dimulai dari Cimahi tepat jam stgh 4 pagi , rutenya cimahi – Kopo via cijerah – Soreang – Cukul , klo liat di google sih hampir 60 km. Lumayan jauh lah buat kita yang riding pake motor. Udara yg makin dingin jadi kawan perjalanan #halah , yoi bgt dingin , memasuki ciwidey udara dingin makin menjadi , untungnya saya pake jaket touring andalan. Tepat jam stgh 5 kita udah nympe pertigaan cukul , sholat shubuh dlu lalu lanjut ke spot yang dituju.

Di Cukul banyak bgt perkebunan yang dikelola sama PTPN , liat aja di pinggir jalan kebun teh menghampar sepanjang mata memandang. Klo mw dapet view yang lbh cetar , masuk aja ke salah satu lokasi perkebunan. Lihat aja deh hasil foto kita2 hehehe ..

Perkebunan Tjukul

Salah satu tempat di cukul yang ngehits dikalangan fotografer landscape adalah sebuah vila jerman yang ada di tepi danau cukul , apalah namanya tpi ni yang bikin cukul jadi unik , tapi sayang ngak sembarang orang bisa masuk ke sini … private area kata warga sekitar mah. Perkebunan cukul memang menarik yang bikin kesengsem yaaa…masih sepi coy .. kenapa sepi , coz kebanyakan orang2 lebih milih ke perkebunan rancabali yang udah ngehits gara2 ada wisata glamping. Jadinya perkebunan cukul cenderung sepi , cocoklah buat penikmat sepi kaya saya hehehe…

Sisi lain Perkebunan Tjukul

Konon katanya jalan perkebunan cukul klo diterusin bisa nyampe ke pantai Rancabuaya Garut Selatan , kata Okamsi (orang kampung sini) yang kita ajak ngobrol ngalor ngidul. Buat urusan perut di sekitaran jalanan cukul banyak bgt warung pinggir jalan yang bisa disiggahni klo misalkan laper, jangan bayangin kaya resto atw kafe yaaa , cuma warung biasa aja kok.

Yang bikin kaget harga makanannya , gorengan aja masih 500an perbiji , kopi/susu kisaran 2rbu-3rbu, makan warteg kisaran 10rbu-15rbu… hhehe murah banget kan… klo urusan bahan bakar ada tuh pertamini yang selalu sedia melayani. Perjalanan yang cukup seru bgt , banyak bgt frame foto yang tercipta buat saya & teman2 yang penggila foto …. Suatu saat nanti saya akan datang lagi bareng istri & keluarga…..