Photography Tips

Sharing : Punya Hobi Fotografi , Ayo Hasilkan Receh Dollar Dari Foto Kerenmu Di Internet


Hobi fotografi alias jeprat jepret sekarang bukan jadi sesuatu yang ekslusive lagi , kenapa yaaa ….. Sekitar 10 tahun yang lalu label fotografer hanya buat mereka yang membawa kamera besar alias dslr , klo sekarang siapa saja bisa jadi fotografer dengan bermodalkan kamera smartphone masing2 , tentunya kualitas fotolah yang menjadi pembedanya.

Orang yang lama belajar fotografi ujung2nya pasti pengen jadi profesional atau seenggaknya dapet penghasilan dari fotografi. Pastinya banyak tantangan buat jadi profesional , blm lagi persaingan antar fotografer yang makin ketat … liat aja sekelas fotografer wedding yang dikampung2 , persaingan sama kendala nya ampyun kaka ,berat. Yaahhh kebanyakan para newbie tumbang diawal gegara yang ginian. Eits tapi jangan berkecil hati buat kalian yang udah minder duluan , masih banyak peluang lain yang bisa kita manfaatkan khususnya di internet.

Hari ini, siapa sih yang ga kenal dengan internet? Cukup punya HP, paket data, buka browser dan kamu sudah terkoneksi di internet. Dan bukan rahasia juga, banyak cerita di internet kalau kamu bisa cari uang di internet. Buat peng-hobi fotografi pastinya punya foto2ny yang banyak bgt nah ini jadi peluang yang bisa dimanfaatkan lho. Berikut dua peluang yang bisa teman-teman fotografi manfaatkan untuk dapat “receh” via foto di internet …

1 . Jual Foto di Situs penjualan foto (Microstock)

Hah fotonya dijual , bisa ngak yaa ….Jawabannya BISA. For your information yaa jauh di luar negeri sana , kegiatan jual-menjual data digital sudah menjadi hal yang biasa , data digital tuh kaya logo vektor , video bahkan foto. Trus ada yang beli ? jawabannya ADA. Nah cara jualnya gimana, di luar sana banyak situs penyedia jasa buat ngejualin foto , contohnya shutterstock.com , dreamstime.com , adobestock.com dll. Klo bingung mirip kaya bukalapak atau tokopedia tapi barang yang dijualnya itu foto.

Caranya gimana sih yaa cukup upload foto kalian & prinsip uploadnya mirip sama kita upload foto di instagram. Upload fotonya trus kasih deskripsi , kasih hashtag selanjutnya jika ada yang tertarik dan membeli, maka kamu akan mendapatkan royalti! Royalti yang didapatkan berkisar $0,25 hingga $0,38 untuk download biasa. Wah kecil banget ! iya coba kalo konversi dari $ ke Rp , yaaah kisaran Rp 3500 per download. Tapi ada enaknya lho , foto yang udh dibeli ngk bakal hilang dari situsnya & berpeluang dibeli lagi sama yang lain jadi kita ngak perlu repot upload lagi.

Nah ini peluang yang bisa dimanfaatkan. Klo dipikir sesimple & semudah itu kan tapi next postingan bakalan saya bahas lebih detail lagi yaaa. Buat pengenalan awal silahkan klik gambar diatas yaa.

2 . Ikutan Kontes / Lomba Foto

Buat yang sering ikutan lomba foto pasti udah ngak aneh sama yang kaya gini (baca : lomba / kontes).Mau itu lomba foto on the spot atau lomba foto secara online. Proses sama prosedurnya sama banget kaya lomba2 foto , kita diharuskan membuat foto sesuai dengan tema yang diminta lalu hasil fotonya diserahkn atau di submit ke pihak yang bikin lomba.

Klo di internet yang seperti ini disebutnya photo contest , sama banget kaya lomba foto. Ini nih peluang kedua yang bisa kalian manfaatkan. Di luar sana banyak situs fotografi yang membuat photo contest secara berkala baik secara mingguan atau bulanan. Kita bebas memilih foto kontes mana yang ingin kita ikuti.

Situs Photo Contest

Gambar diatas adalah screenshoot dari salah satu situs penyedia photo contest , klo sekedar pengen tau silahkan klik aja yaaaa. Kebebasan memilih photo contest yaaa tergantung minat , stock photo yang kita punya. Misalkan kita minatnya di fotografi landscape & punya stock foto landscape yang banyak maka kita bisa ikutan kontes foto bertema landscape. Atau kita senang memotret dengan tema apapun , maka kita bisa memilih foto kontes dengan tema yang sesuai. .Dari screenshoot terlihat kan nilai hadiah yang cukup menggiurkan karena dari kisaran puluhan dollar bisa sampe ribuan dollar. HHHmmm cukup menarik bukan ….

Klo fotonya terJUAL atau MENANG kontes , Uangnya dibayar kemana ??

Ini pertanyaan yang pertama muncul , uang bayarannya gimana & kemana. Pembayarannya ditransfer menggunakan rekening online dan yang paling sering digunakan paypal , Skrill & Payoneer. Buat mengenal apa itu Paypal , Skril & payoneer bisa googling aja yaa..

Contoh pembayaran via Payoneer

Trus memang ngk bisa langsung transfer ke rekening indonesia sprt BCA , BRI , BNI , Mandiri dll. Jawabannya BELUM BISA , makanya disini kita menggunakan rekening online sebagai perantaranya. Nilai uang yang ditransfer ke rekening online masih slam kurs Dollar setelah di konversi ke Rupiah barulah bisa ditransfer ke rekening kita.

Nah, tulisan diatas 2 cara yang paling sering dipake fotografer buat cari uang di internet & masih banyak cara lain untuk mendapatkan uang dari internet? Kalau dibaca sepertinya gampang betul ya. Saya ada teman yang sudah 7 tahun fokus menjual hasil fotonya di internet , hasilnya cukup lumayan income sekarang sekitar $1500/Bulan. Tapi ingat harus fokus & kerja keras & serius yaa, kalau menjalankannya iseng-iseng, hasilnya pun akan iseng-iseng. Kalau diseriusin, hasilnya pun akan serius!

Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s