My Story

Terus Nge-Blog atau pindah Nge-VLOG …


Yahh ini yang dinamakan transisi … suka atau enggak suka , siap atau tidak dunia tulis menulis via blogging sepertinya udah mulai ditinggalkan , maaf ini pengamatan pribadi aja. Karena ada beberapa teman bloger seperjuangan yang udah mulai pindah a.k.a migrasi ke video atau mulai nge-vlog. Bahkan ada yang cukup sukses dengan kontennya yang keren & ratusan ribu subsribernya (kita sebut saja wiranurmansyah).

HHmmm udah mulai dari akhir tahun kemaren saya mulai berfikir pindah aja gitu trus mulai bkin vdeo , ditambah saya udah upgrade kamera ke mirrorless yang uduh cukup mumpuni buat bikin video atau nge-vlog. ditambah frekuensi saya buat postingan udah mulai berkurang karena kesibukan bekerja & memotret. Coba lihat aja grafik penurunan pengunjung diblog ini dari tahun ke tahun makin mengerikan angkanya.

Kerjaanrimba Visitor Grafik

Akhirnya dengan beberapa pertimbangan bikin sadar saatnya saya mulai pindah dari bikin tulisan / nge-blog trus pindah bikin video / nge-vlog. Sedikit saya share yaa , ini murni pengamatan pribadi aja …..

Minat Baca vs Minat Nonton
Banyak yang bilang klo Minat Baca orang indo itu rendah , menurut sya sih enggak. Buktinya pesan whatsapp , feed instagram sampe status fb mash aja diminati buat dibaca , menurut saya yang rendah itu Daya Baca , coba ada status fb atau pesan whatsapp yang isinya tulisannya panjang & agat berat , pasti langsung di scroll kan , bknnya males atau gak minat tapi ngk tahan baca banyak tulisan. Karena kan membaca harus berfikir , beberapa orang atau kebanyakan orang sering kali pusing dengan banyaknya kata dalam tulisan.

Tapi klo disuruh nonton Nah ini yang orang pada mau ,liat aja banyaknya video receh yang viral ditonton ribuan orang. Gampangnya video tuh misalnya kita pengen liat video tertentu ya tinggal tarik aja kursor ke arah bagian video yang pengen ditonton. Klo tulisan kan harus cari2 dulu. Dan juga liat video lebih menyenangkan karena video ada tampilan visual yang menggugah mata kaya kita klo baca buku pasti yang cari yang banyak gambarnya kan.

Pertumbuhan Flatform Video Digital (Youtube)

You know lah klo youtube masuh jadi platform digital terbaik buat share video kegiatan kita atau ngevlog. Fb , Instagram juga ngak mau kalah buat ngeshare video dengan bikin feed instagram , instastory , sampe facebook & jga instagram TV. Ini kan jadi peluang yang bisa dimanfaatkan.

Bikin video itu ngak Ribet

Klo misalnya nulis beneran ribet karena kita harus milih kata yang baik & juga dimengerti saat dibaca. Ditambah permainan paragraf yang bikin tulisan enak buat diliat. Coba liat tulisan sya waktu awal2 nge-blog ,dipastikan tulisannya kurang bagus & ngak enak buat dibaca … tpi makin kesini kan diperbaiki , yaah kaya sekarang tulisannya mulai rapi & cukup mudah dimengerti.

Klo video mungkin ngak seribet bikin tulisan , walaupun intinya sama harus ada alur trus tinggal cuap2 depan kamera … tapi eits ngak semudah itu ferguso , buat kaya saya yang nulis trus pindah ke video pastinya mengalami transisi yang cukup asik… Next postingan sya bahas yaa.

Dapat Cuan dari video (Demi Adsense)
Pertanyaan yang seing muncul wktu sya udh lama ngeblog. dapat duit berapa dari blog , kan viewernya udah ratusan sehari …. sya mah cma senyum …lha wong blognya ngak saya monetisasi, jadi praktislah ngak dapat uang dari adsense. Tapi ada hal yang lain kok saya dpt dari ngeblog , dimulai dapet temen baru , akses ke beberapa event terutama event yang berkaitan sama industri kreatif , , diundang jdi pembicara/sharing di berbagai forum smpe diundang ke Pendopo Kota Bandung buat ikutan konferensi kreatif tingkat nasional … inilah hal2 yang ngak bisa diukur sama besarnya uang.

Udah bukan rahasia lagi klo video di youtube itu bsa dimonetisasi alias menghasilkan uang dari Adsense/iklan. Trus uangnya dari mana yaa , yaa dari iklan yang ditonton dari setiap video kita. Tapi buat channel yang bisa dimonetisasi syaratnya pertama dari jumlah subscriber minimal 1000 , jumlah jam tayang dalam setahun yang minimal 4000 jam : 24rbu menit … itu syarat awal aja tapi yang lebih penting yaitu konten yang kreatif & juga bermanfaat buat diliat. Kalo itu udah bisa dibuat bakalan ngundang orang buat liat video kita trus ngsubscribe channel kita deh ..

Nilai adsense yang didapat bervariasi tergantung jumlah viewer di setiap video … buat perbandingan bisa dilihat di socialblade.com (klik disini) trus masukin aja nama channel youtube , nah bakal tuh keliatan perkiraan penghasilan adsense tiap bulannya. Uuuppss itu buat youtuber yang channelnya udh berkembang , buat saya yang baru2 mulai yaah ngk terlalu berharap bnyak sih … video saya ada yng nonton aja udah seneng banget….

HHmm segitu aja yaa kaya waktu awak saya ngeb-blog niatnya biasa sharing ilmu atau ngasih sesuatu yang bermanfaat buat orang2, klo nantinya saya dapat banyak keuntungan dari blog itu sih itung2 bonus. Niat ini juga yang saya niatkan buat nge-vlog pengennya ngeshare ilmu yang saya punya & juga buat dokumentasi saat saya msah muda. Jadi ingat omonganya Fiersa Biesari “Bikin aja video walau yang cma 2 orang yang nonton ,daripada videonya ditonton sendiri”

Yaah dimulai aja bkin channelnya . mangga kli aja ada yang mau liat channel saya …klik aja yaa foto dibawah yaa …… Tenang aja ngk bakal ada kalimat umum waktu opening kaya kata “Hay Gaes

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s